Pulau Kelapa Dua Menyimpan Eksotisme Wisata Budaya dan Ekowisata Konservasi

Salah satu gugusan pulau yang menawarkan sensasi ekowisata budaya dan konservasi adalah Pulau Kelapa Dua. Pulau ini merupakan satu dari tiga seksi Taman Nasional di Kepulauan Seribu yang menjadi Asean Heritage Park 2017 bersama Pulau Harapan dan Pulau Pramuka.
Dewi Andriani
Dewi Andriani - Bisnis.com 26 April 2019  |  09:53 WIB

Bisnis.com, JAKARTA -- Kepulauan Seribu memiliki beragam potensi wisata yang tidak habis untuk dieksplorsi. Selain memiliki wisata alam dan kekayaan bawah laut yang begitu eksotis dan menggoda, pulau yang terletak di sebelah utara Teluk Jakarta ini memiliki ragam wisata sejarah, budaya dan wilayah konservasi nasional.

Salah satu gugusan pulau yang menawarkan sensasi ekowisata budaya dan konservasi adalah Pulau Kelapa Dua.

Pulau ini merupakan satu dari tiga seksi Taman Nasional di Kepulauan Seribu yang menjadi Asean Heritage Park 2017 bersama Pulau Harapan dan Pulau Pramuka.  

Sebagai Taman Nasional, Pulau Kelapa Dua menjadi tempat untuk konservasi penyu hijau. Terdapat dua jenis penyu hijau yang dikonservasi yaitu Penyu Sisik dan Penyu Sirip. Selain itu, pulau ini juga menjadi tempat penanaman Mangrove dan terumbu karang.

Bupati Kepulauan Seribu Husein Murad dan Kepala Perwakilan BI Provinsi DKI Jakarta Hamid Ponco Wibowo dalam kunjungannya, ikut serta melakukan penanaman terumbu karang dengan menggunakan media semen.

Kampung Bugis

Selain wisata konservasi, pulau yang memiliki luas 1,9 hektar ini juga dapat dijadikan sebagai lokasi wisata budaya karena memiliki nilai budaya yang sangat kental, khususnya Budaya Bugis.

Maklum saja, hampir seluruh masyarakat yang bermukim di sini yaitu 99% diantaranya merupakan masyarakat Bugis. 

Bahkan masih banyak penduduk yang mempertahankan jenis rumah panggung yang merupakan ciri khas dari masyarakat Bugis. Begitu pula dengan kuliner khas Bugis yang bisa dengan mudah ditemukan di sini. Terdapat Resto Apung yang menjual berbagai macam menu makanan Bugis.

Untuk menuju ke pulau ini para wisatawan bisa naik kereta cepat dari Marina Ancol dengan jarak tempuh 1,5 jam. Selain itu, jika tengah menginap home stay di Pulau Pramuka atau Pulau Harapan, bisa naik kepala nelayan sekitar 10 menit ke pulau ini.

Ponco mengatakan bahwa Bank Indonesia Provinsi DKI Jakarta akan ikut membantu mengembangkan potensi wisata yang ada di Pulau Kelapa Dua sebagai bagian dari bentuk corporate social responsibility  (CSR).

 

Keterangan foto : Bupati Kepulauan Seribu Husein Murad (batik biru) bersama Kepala Perwakilan BI Provinsi DKI Jakarta Hamid Ponco Wibowo (batik coklat) menanam terumbu karang dengan media semen.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
pulau seribu

Editor : M. Taufikul Basari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top