Ilustrasi/Top10inaction
Travel

Tips Mempersiapkan Liburan Lebih Murah dan Terencana

Mia Chitra Dinisari
Minggu, 17 Maret 2019 - 15:51
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Ada kalanya, kita akan mengalami rasa suntuk dan lelah dengan aktivitas keseharian kita.

Rasa jenuh dan penat seakan semakin membuat kita semakin tak semangat untuk melakukan aktivitas. Untuk mengatasinya, menyegarkan diri dengan cara mengambil cuti untuk berlibur menjadi salah satu cara yang jitu.

Dengan melakukan traveling atau liburan tentunya akan memberikan banyak manfaat bagi Anda, seperti meredakan stress, jenuh, mendapatkan relaksasi sejenak dan lain sebagainya.

Bank Dunia melaporkan biaya yang dikeluarkan untuk leisure tourism spending di Indonesia naik dari USD24,53 miliar pada 2016 menjadi USD27,60 miliar pada 2018. Hal ini dapat membuktikan bahwa melakukan perjalanan atau berlibur telah menjadi suatu kebutuhan bagi masyarakat Indonesia.

Namun, sering terjadi pada kita juga, jika kita sudah melakukan perencanaan sebuah perjalanan selalu berakhir menjadi sebuah wacana saja. Tentu Anda pernah mengalami hal serupa, bukan?

Traveloka, menyediakan tips dalam merencanakan perjalanan agar tak berakhir menjadi sekadar wacana khusus untuk Anda. Berikut daftar tipsnya!

Rencanakan dari Jauh Hari
  
Tentukan waktu terbaik untuk Anda dalam berlibur atau mengambil cuti. Hal ini dilakukan dikarenakan dalam melakukan pemesanan tiket jauh sebelum waktu yang direncanakan untuk perjalanan akan jauh lebih hemat, dikarenakan semakin jauh jarak pembelian dengan tanggal yang diinginkan maka semakin murah pula harga yang ditawarkan.

Maka dari itu, lakukan pemesanan tiket Anda sedini mungkin, semakin bersahabat pula harga tiket dengan budget yang sudah kita tentukan.

Selain itu, pemilihan waktu berlibur sebaiknya dipilih sesuai dengan tujuan destinasi Anda. Perlu dicari tahu apakah lokasi tersebut bisa dikunjungi pada waktu Anda dan teman-teman berlibur atau tidak, apakah cuaca atau musim pada waktu tersebut adalah waktu terbaik untuk mengunjungi tujuan destinasi kita, dimana saja tempat terbaik di kota atau negara yang akan kita kunjungi, dan masih banyak lainnya.

Jika Anda ingin mencari informasi mengenai perencanaan liburan Anda, platform discovery seperti Traveloka dapat menjadi alternatif Anda. Tidak hanya menyediakan layanan pemesanan moda transportasi, penginapan, atraksi dan kuliner, Traveloka juga menyediakan saran dan rekomendasi mengenai suatu destinasi, mulai dari tempat wisata hingga tips untuk berkunjung ke destinasi tersebut.

Tentukan Destinasi Perjalanan

Setelah Anda menentukan waktu yang tepat kini saatnya untuk Anda mencari referensi destinasi wisata terbaik di perjalanan Anda. Hal pertama yang dapat Anda lakukan adalah bertanya pada teman atau kerabat yang pernah mengunjungi destinasi tersebut dan mintalah rekomendasi tempat wisata terbaik untuk dapat Anda kunjungi nanti.

Jika Anda ingin mencari cara yang lebih mandiri, Anda bisa dengan mudah mencari inspirasi melalui fitur pada aplikasi Traveloka yang menyediakan pilihan inspirasi seperti Go Beyond, Ideas for Your Weekend, Events This Month, Highlights, hingga City Guides. Pilihan tersebut memberikan traveler atau Anda berbagai saran dan rekomendasi mengenai hal-hal penting yang wajib diketahui tentang destinasi yang akan dituju oleh para traveler.

Atur Jadwal Pekerjaan Anda

Melakukan perjalanan atau berlibur seharusnya bisa dijalani dengan tenang tanpa adanya beban pikiran dari kantor. Maka dari itu, ketika Anda sudah menentukan waktu liburan, setelahnya Anda harus memulai untuk membuat jadwal untuk menyelesaikan pekerjaan Anda sehingga saat hari libur tiba, Anda dapat dengan tenang menikmati perjalanan.

Anda juga bisa diskusikan hal ini kepada atasan Anda dan teman kolega di kantor agar dapat membantu pekerjaan Anda pun menjadi lebih efektif dan selesai pada waktu yang ditentukan.

Gunakan Travel Insurance

Dalam melakukan perjalanan atau traveling tentunya keselamatan menjadi suatu hal yang penting juga. Dengan menggunakan travel insurance dalam setiap pemesanan tiket perjalanan, terdapat manfaat yang dapat Anda gunakan jika terjadi sesuatu yang tak diinginkan, seperti kehilangan barang bawaan di bagasi pesawat Anda dapat  segera memberikan klaim, sehingga liburan Anda bisa tetap berjalan dengan lancar dan aman. 

Mulai Menabung

Rencana berlibur yang telah diatur secara teratur dan matang tentu saja tidak cukup, Anda juga harus melakukan perhitungan estimasi biaya di dalamnya. Adanya estimasi biaya akan memicu Anda untuk memulai menabung dan segera mewujudkan rencana liburan Anda yang sudah lama Anda impikan.  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro