Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Indonesia Tuan Tumah Pelatihan Barista Dunia Champions Hub 2019

Indonesia terpilih menjadi tuan rumah Champions’ Hub 2019 yang digelar pada 5-6 Maret di Jakarta. Ajang ini akan menjadi sarana bertemunya barista dunia untuk mengasah kemampuan teknis dan non-teknis sebelum tanding ke panggung dunia, World Barista Champhionship, di Boston, Amerika Serikat April mendatang.
Rayful Mudassir
Rayful Mudassir - Bisnis.com 05 Maret 2019  |  11:31 WIB
Barista menyajikan kopi pada Mandiri Jakarta Coffee Week (JACOWEEK) 2018 di Jakarta, Jumat (28/9/2018). - JIBI/Nurul Hidayat
Barista menyajikan kopi pada Mandiri Jakarta Coffee Week (JACOWEEK) 2018 di Jakarta, Jumat (28/9/2018). - JIBI/Nurul Hidayat

Bisnis.com, JAKARTA - Indonesia terpilih menjadi tuan rumah Champions’ Hub 2019 yang digelar pada 5-6 Maret di Jakarta. Ajang ini akan menjadi sarana bertemunya barista dunia untuk mengasah kemampuan teknis dan non-teknis sebelum bertanding ke panggung dunia, World Barista Champhionship, di Boston, Amerika Serikat April mendatang.

Champions’ Hub merupakan program yang diprakarsai oleh Simonelli Group, pemimpin pasar mesin kopi dunia, untuk memberikan akses terhadap informasi yang relevan dan terbaru.

Hasil penelitian dan pelatihan kepada para National Barista Champion yaitu pemenang kejuaraan barista tingkat nasional dari masing-masing negara ini untuk meningkatkan kinerja mereka dalam persiapan ke level internasional.

Maurizio Giuli, Head of Marketing & Communication Departement Simonelli Group, menuturkan, Champions’ Hub dibentuk pada tahun 2018, kegiatan pertama diselenggarakan di Simonelli Group Headquarter di Belforte, Italia. Champions’ Hub pertama terbuka hanya untuk pada National Barista Champion, sedangkan Champions’ Hub Jakarta terbuka untuk semua barista.

Misi dari Champions’ Hub adalah untuk memberikan dukungan kepada komunitas barista dalam memberikan informasi dan pelatihan secara mudah sehingga dapat meningkatkan kinerja mereka sebagai seorang barista.

“Kegiatan ini akan berlanjut di tahun-tahun berikutnya di beberapa lokasi lain di seluruh dunia untuk memberikan kemudahan akses untuk para barista,” ujar Maurizio melalui rilis yang diterima Bisnis, Selasa (5/3/2019).

Untuk penyelenggaraan kegiatan ini, PT Toffin Indonesia dipercaya sebagai fasilitator yang memfasilitasi seluruh kebutuhan teknis dan non-teknis selama acara berlangsung. Champions’ Hub 2019 beragendakan seminar tentang pengenalan kepada World Barista Championship, peraturan kompetisi, bagaimana barista harus menjadwalkan pelatihan sebelum kompetisi, serta mengenai pentingnya kopi disajikan secara fresh dilihat dari segi scientific.

Stephanie Wibisono, Brand Manager Nuova Simonelli & Victoria Arduino Indonesia menjelaskan, Champions’ Hub Jakarta 2019 akan dihadiri lebih dari 38 barista dan pakar kopi dunia. Terpilihnya Toffin Indonesia sebagai fasilitator kegiatan, menurut Stephanie, karena sepak terjang perusahaan yang turut berkontribusi dalam memajukan industri kopi Tanah Air dalam bentuk suplai mesin kopi berkualitas.

“Salah satu kunci keberhasilan seorang barista adalah memilih peralatan atau mesin kopi yang tepat sehingga mampu menghasilkan kopi yang berkualitas. Sejak hadir di Indonesia, kami berkomitmen untuk men-support skill barista dari sisi produk,” katanya.

Di Champions’ Hub 2019, peserta dapat melakukan role play untuk melakukan rutinitas kompetisi. Seminar dan pelatihan tersebut akan disampaikan oleh pakar-pakar kopi dunia, antara lain: Lauro Fioretti, 2016 WBC Certified Judge; Dale Harris, 2018 World Barista Champion; Mathieu Theis, 2018 3rd World Barista Champion; Hidenori Izaki, 2014 World Barista Champion; Michael Yung, WCE Head Judge dan Samo Smrke (Coffee Scientist). Selain itu turut dihadiri oleh Mikael Jasin, 2019 Indonesia Barista Champion, Tom Balerin juara French Barista Champion serta Carlos De La Torre (Mexican Barista Champion).

Sementara itu, salah satu perwakilan Indonesia, Mikael Jasin, 2019 Indonesia Barista Champion, berpendapat, Champions’ Hub dapat menjadi wadah menggali ilmu agar bisa berkompetisi ditingkat global. Ia berharap, kegiatan seminar dan pelatihan taraf internasional seperti Champions’ Hub semakin sering digelar di Indonesia.

“Champions’ Hub adalah momen yang tepat untuk mengukur kemampuan barista sebelum tanding ke World Barista Champhionship. Kita bisa memperbaiki kekurangan atau mengubah strategi agar bisa menjadi juara dunia,” sebutnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kopi barista
Editor : Nancy Junita

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Banner E-paper
To top