Menteri Pariwisata Arif Yahya (kanan) didampingi Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas (kedua kanan) dan Kepala Bandara Blimbingsari Banyuwangi Dodi Dharma Cahyadi (kiri) meninjau terminal baru di Bandara Blimbingsari, Banyuwangi, Jawa Timur, Jumat (16/6)./Antara-Budi Candra Setya
Travel

Traveloka Dorong Peningkatan Kunjungan Wisman Malaysia di Banyuwangi

Rayful Mudassir
Jumat, 1 Maret 2019 - 00:31
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Penyedia layanan tiket dan akomodasi perjalanan Traveloka menjalin kerjasama dengan 80 hotel di Banyuwangi, Jawa Timur, Kamis (28/2/2019). Kerja sama ini menargetkan peningkatan kunjungan wisata asal Malaysia ke wilayah itu.

Seiring dibukanya penerbangan Kuala Lumpur–Banyuwangi oleh maskapai Citilink dinilai menjadi salah satu ceruk untuk menggaet wisatawan asal Negeri Jiran tersebut. Hal ini juga didukung dengan jumlah kunjungan pada tahun lalu.

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat wisman Malaysia menempati posisi nomor satu dari segi jumlah kunjungan turis asing menyalip turis Cina pada 2018. Data BPS mencatat bahwa wisatawan asal Malaysia mencapai 2,5 juta kunjungan atau sebanyak 15,83% dari total jumlah kunjungan wisman selama 2018.

John Safenson, General Manager Hotel & Accommodation Traveloka mengatakan adanya potensi besar dengan terbukanya akses penerbangan langsung dari Banyuwangi ke Kuala Lumpur, memberikan kemudahan bagi wisatawan Malaysia untuk mengunjungi Indonesia, termasuk Banyuwangi.

“Untuk mendukung hal tersebut, kami bekerjasama dengan 80 mitra hotel di Banyuwangi untuk memberikan penawaran menarik berupa diskon eksklusif minimum 15% dari harga regular. Kami juga berterima kasih kepada seluruh pemangku kepentingan khususnya kepada mitra hotel dan pemerintah daerah, atas dukungan yang telah diberikan,” katanya melalui rilis, Kamis (28/2/2019).

Menurutnya, sebagai mitra co-branding Wonderful Indonesia, Traveloka memiliki misi untuk mendukung pemerintah dalam menjaring 20 juta kunjungan wisata mancanegara ke Indonesia.

“Dengan didukung adanya program Hot Deals serta kehadiran Traveloka di pasar Malaysia sejak 2015, diharapkan dapat meningkatkan kunjungan dari wisatawan Malaysia ke Indonesia,” harapnya.

Sementara itu, Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mengatakan sinergi bersama Traveloka ini akan pencapaian okupansi hotel. Pihaknya berharap ke depan dapat terukur. Untuk bersaing, pemerintah daerah terus membaca tren pariwisata masa depan yang akan terus berubah.

Daerah yang dikenal dengan julukan ‘The Sun Rise of Java’ ini memiliki berbagai destinasi menarik untuk dikunjungi, seperti Kawah Ijen, Taman Nasional Baluran, Air Terjun Jagir, Pantai Cemara, Pantai Pulau Merah dan Teluk Hijau. Selain menyiapkan berbagai tempat wisata dan atraksi kebudayaan, Banyuwangi juga mengembangkan aksesibilitas dan infrastruktur penunjang, mulai bandara hingga hotel-hotel baru yang terus tumbuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Rayful Mudassir
Editor : Sutarno
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro