Pantai Mandalika di Lombok Tengah, salah satu andalan pariwisata Nusa Tenggara Barat./Antara-Ahmad Subaidi
Travel

MotoGP di Mandalika dan Kunci Sukses Pariwisata Lombok

JIBI
Jumat, 22 Februari 2019 - 08:58
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Pariwisata Arief Yahya mengutip majalah Travel and Leisure di India, bahwa Indonesia punya 3 di antara 15 pulau terindah tersebut. Posisi pertama berada di Pulau Jawa, kedua di Pulau Bali dan ketiga adalah Pulau Lombok.

Di Lombok, ada keindahan alamnya. Ada diving spot terbaik di dunia.

“Saya belajar snorkeling di Gili Trawangan," kata Arief Yahya sewaktu melakukan ground breaking Hotel Ama Lurra Ecoresort - pertama setelah bencana gempa di Lombok - Sumbawa.

Arief Yahya mengaku telah berulang kali hadir di Gili Matra atau Gili Indah (Gili Air, Gili Meno dan Gili Trawangan). Kali ini pada acara pembangunan resor pertama pascagempa sehingga bisa memberikan semangat untuk Lombok Bangkit.

MotoGP

Arief Yahya menyebut destinasi dan acara kolosal yaitu MotoGP yang akan diselenggarakan di Lombok tahun 2021. Arief Yahya  memutuskan bahwa Mandalika akan mengoperasikan sirkuit MotoGP untuk pertama kalinya di Indonesia.

Lebih jauh, Arief Yahya pun menyebut bahwa Lombok yang berada di Nusa Tenggara Barat (NTB), posisi pariwisatanya akan lebih kuat karena adanya wisata halal.

 "Positioning halal itu akan membuat pertumbuhan pariwisata di NTB itu tertinggi, " ucapnya.

Menurut Arief Yahya, berkat pariwisata halal di NTB, pertumbuhan pariwisatanya tertinggi di Indonesia. Kenaikan pertumbuhannya berkisar 50 persen antara 2015 hingga 2017.

"NTB telah punya positioning yang kuat yaitu halal. Maka, tagline NTB adalah friendly tourism," katanya.

Butuh 9 Juta Euro

Berkunjung sehari di Lombok, Arief Yahya juga meresmikan Politeknik Pariwisata Mataram dan melakukan dialog ekonomi kreatif di Bazaar Mandalika yang berada di dalam Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika di Lombok Tengah.

Kepala Divisi Konstruksi ITDC Lombok Adi Sujono Prawoto mengutip penjelasan Menteri Pariwisata Arief Yahya yang mendukung satu juta uuro untuk kepentingan lisensi MotoGP di Kawasan Mandalika. Untuk mengadakan MotoGP, harus memiliki lisensi. Lisensi tersebut membutuhkan investasi sebesar 9 juta euro.

"Kemenpar akan memberikan bantuan sebesar 1 juta euro. Sisanya, kami mengharapkan kerja sama dari pemerintah daerah," kata Adi Sujono Prawoto mengutip Arief Yahya.

Gubernur NTB Zulkieflimansyah menyampaikan perasaan bangga atas kunjungan Menteri Pariwisata RI kembali ke Gili Indah. Dipaparkannya, NTB menbutuhkan keseriusan seluruh stakeholders untuk membantu bangkitnya pariwisata NTB.

"Kami yakin dengan keseriusan yang tulus dari menteri pariwisata membangkitkan pariwisata NTB, bangkitnya pariwisata bukan sekadar ungkapan saja, tetapi menjadi kenyataan," ujar Zulkieflimansyah.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : JIBI
Editor : Nancy Junita
Sumber : Tempo.Co
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro