Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Liburan ke Labuan Bajo, Berapa Bujet yang Harus Disediakan?

Labuan Bajo menjadi salah satu destinasi yang ingin dikunjungi oleh pelancong baik domestik dan luar negeri. Lalu berapa biaya yang harus disiapkan untuk dapat menikmati liburan ke lokasi tersebut.
Rayful Mudassir
Rayful Mudassir - Bisnis.com 20 Februari 2019  |  20:56 WIB
Liburan ke Labuan Bajo, Berapa Bujet yang Harus Disediakan?
Taman Nasional Komodo - www.australiangeographic.com.au
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Labuan Bajo menjadi salah satu destinasi yang ingin dikunjungi oleh pelancong baik domestik dan luar negeri. Lalu berapa biaya yang harus disiapkan untuk dapat menikmati liburan ke lokasi tersebut.

Sebagai destinasi wisata di bagian timur Indonesia, Labuan Bajo memang bersaing dengan sejumlah destinasi wisata lain seperti Lombok dan Bali.

Ketiga lokasi wisata tersebut sama-sama menjadikan wisata alam sebagai unggulan. Namun, hanya Labuan Bajo yang memiliki komodo sebagai salah satu reptil lagngka dan dilindungi di dunia.

Namun, sebagian dari Anda masih ragu berapa bujet yang harus disediakan untuk menikmati panorama laut dan gugusan bukit di Labuan Bajo. Bisnis memberikan beberapa perkiraan yang dapat Anda jadikan pedoman dan membersiapkan biaya berlibur ke Labuan Bajo secara matang.

Akomodasi perjalanan udara menjadi salah satu pertimbangan sebelum menuju ke Labuan Bajo. Dari Jakarta, Anda akan mendapati dua maskapai penerbangan yang menyediakan penerbangan langsung ke Bandara Komodo. Penerbangan dari Bandara Soekarno Hatta, setidaknya memerlukan biaya Rp1,5 juta – Rp2,1 juta.

Sesuaikan anggaran yang tersedia untuk memilih maskapai penerbangan. Penerbangan dari Jakarta setidaknya membutuhkan waktu sekitar 2 jam 30 menit. Penerbangan langsung juga dapat Anda nikmati jika melakukan perjalanan dari Bali. Setidaknya Anda juga merogoh kocek antara Rp1 juta – Rp1,4 juta dan tiba dalam waktu sekitar 1 jam 40 menit.

Sementara itu, Anda harus rela transit jika melakukan penerbangan dari Yogyakarta atau dari Surabaya menuju ke Labuan Bajo. Biaya yang dibutuhkan sedikit lebih mahal dari penerbanga Bali – Labuan Bajo.

Sudah pergi tentu akan pulang kembali. Anggaplah Anda melakukan penerbangan dari Jakarta. Setidaknya untuk akomodasi pulang – pergi membutuhkan dana sekitar Rp3 juta lebih. Cobalah untuk memesan tiket jauh-jauh hari untuk mendapatkan harga yang relatif lebih murah dibandingkan biasanya.

Selesai dengan akomodasi penerbangan, biaya selanjutnya yang perlu Anda perhitungkan adalah saat berada di Labuan Bajo baik makan, belanja oleh-oleh, ataupun biaya menginap.

Untuk beberapa lokasi wisata, Anda akan dikenai tiket masuk. Belum lagi keinginan untuk melihat komodo juga memerlukan pengawalan dari petugas. Biasanya satu ranger hanya untuk lima wisatawan.

Jika melakukan traveling tanpa menggunakan travel agent, sebaiknya rencanakan destinasi yang ingin dikunjungi dengan cermat. Pemilihan penginapan juga beragam mulai dari harga jutaan hingga hanya Rp350.000 per malam.

Saat menetukan ke sebuah destinasi, pastikan terlebih dulu berapa biaya perjalanan ke lokasi tersebut. Pasalnya, beberapa spot harus ditempuh menggunakan kapal laut.

Jika Anda menggunakan travel agent, setidaknya Anda harus merogoh kocek sekitar Rp2,7 juta untuk perjalanan 1 hari per orang untuk sejumlah destinasi.

Sementara itu, untuk wisata selama beberapa hari, cukup menambah biaya sesuai travel yang Anda pilih. Pastikan pula membawa biaya cadangan untuk keperluan dadakan. Dengan hitung-hitungan di atas, sudah siap berlibur ke Labuan Bajo?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pariwisata labuan bajo
Editor : M. Syahran W. Lubis
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top