Salah satu sudut The Jayakarta Anyer di Jalan Raya Karang Bolong, Anyer, Banten. The Jayakarta Anyer turut aktif menggalakkan kembali denyut pariwisata di kawasan Anyer setelah tsunami akhir tahun lalu./Dok. The Jayakarta Anyer
Travel

The Jayakarta Anyer Gelorakan "Anyer Bangkit" Pulihkan Pariwisata Selat Sunda

Annisa Margrit
Rabu, 20 Februari 2019 - 11:27
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Dalam upaya pemulihan destinasi pariwisata di Selat Sunda pascatsunami akhir tahun lalu, seluruh stakeholder industri pariwisata terus menggelorakan "Anyer Bangkit" dengan menggelar berbagai kegiatan.

Kegiatan tersebut di antaranya Rapat Koordinasi (Rakor) Pemulihan Sektor Pariwisata Selat Sunda Bangkit di salah satu hotel berbintang di kawasan Anyer, Jumat (11/1/2019). Turut hadir dalam kesempatan tersebut Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya.

Bersamaan dengan acara tersebut, dilaksanakan pula Gathering Sales Pesona Banten bersama media dan masyarakat sekitar.

The Jayakarta Anyer Gelorakan "Anyer Bangkit" Pulihkan Pariwisata Selat Sunda

Pemandangan di salah satu pantai kawasan Anyer, Banten./Dok. The Jayakarta Anyer

Tak hanya para pemangku kepentingan dari pemerintah pusat dan daerah serta Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI), kegiatan "Anyer Bangkit" juga didukung oleh Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), BALAWISTA, Himpunan Pramuwisata Indonesia, Sales Pesona Banten, serta masyarakat luas.

Dalam keterangan resmi yang diterima Bisnis, Rabu (20/2), Dinas Pariwisata Banten disebut telah melakukan beberapa kegiatan untuk trauma healing dan akan menggelar berbagai acara yang tertunda karena mestinya dilaksanakan pada pengujung tahun. Contohnya, Anyer-Krakatau Culture Festival.

Dengan kegiatan tersebut, diharapkan pariwisata Anyer dapat bangkit kembali dan para wisatawan yakin bahwa Anyer aman untuk dikunjungi.

The Jayakarta Anyer Gelorakan "Anyer Bangkit" Pulihkan Pariwisata Selat Sunda

Salah satu sudut di The Jayakarta Anyer, Anyer, Banten./Dok. The Jayakarta Anyer

Salah satu hotel yang ikut serta dalam upaya ini adalah The Jayakarta Villas Anyer Beach Boutique Suite & Spa. General Manager The Jayakarta Anyer Abdul Ghafur mengatakan hotel tersebut tidak terkena dampak tsunami sehingga tidak mengalami kerusakan yang signifikan dan tetap beroperasi seperti biasa.

Hotel yang terletak di Jalan Raya Karang Bolong, Anyer ini memiliki 116 kamar yang terdiri atas 18 kamar Boutique Suite serta 30 Bungalow tipe 3 kamar dan 4 kamar. Bungalow yang disediakan berkonsep seperti rumah tinggal serta dilengkapi dapur dan peralatan masak.

Fasilitas lain yang ditawarkan The Jayakarta Anyer adalah kolam renang, taman bermain anak, restoran, ruang pertemuan, Wi-Fi, taman yang asri, pantai yang landai, dan watersports.

The Jayakarta Anyer Gelorakan "Anyer Bangkit" Pulihkan Pariwisata Selat Sunda

Salah satu sudut di The Jayakarta Anyer, Anyer, Banten./Dok. The Jayakarta Anyer

Abdul menambahkan pihaknya juga membuat Map Safety Evacuation di hotel. Peta jalur evakuasi dibuat sedemikian rupa dengan menunjukkan titik pertemuan yang sangat jelas dan berbagai tanda di sekitar hotel agar mudah dipahami.

The Jayakarta Anyer juga mengadakan senam aerobik bersama masyarakat dan media sebagai salah satu cara memulihkan kondisi pariwisata Anyer. Tak lupa, peserta senam yang beruntung mendapatkan hadiah (doorprize).

Sosialisasi pun diberikan ke setiap tamu yang check-in bahwa menginap di The Jayakarta Anyer aman dan nyaman. Dengan demikian, lanjut Abdul, calon wisatawan yang akan berkunjung ke Anyer diharapkan dapat diyakinkan bahwa pariwisata di daerah tersebut sudah kembali pulih.

Terkait pariwisata Anyer secara keseluruhan, dia menerangkan destinasi wisata yang ada di kawasan itu bukan hanya pantai. Tetapi, ada juga desa wisata dan pegunungan yang dapat dikunjungi serta destinasi lainnya yang belum banyak diketahui wisatawan.

Anyer memiliki Desa Cikolelet, yang sudah dikembangkan menjadi Desa Wisata. Untuk wisata di daerah pegunungan, ada Gunung Pilar, Gunung Cibaja, Curug Kembar, dan Curug Lawang.

Selain itu, masih ada peternakan susu kambing etawa, pengolahan minyak menjadi lilin, dan lain-lain.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Annisa Margrit
Editor : Annisa Margrit
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro