Perhatikan 5 Tips Ini Sebelum Berlibur Jalan-Jalan

Liburan merupakan aktivitas yang paling dinantikan oleh setiap orang. Selain keluar dari rutinitas kerja, berlibur dapat dimanfaatkan untuk mengunjungi destinasi baru atau yang telah direncanakan sebelumnya.
Rayful Mudassir
Rayful Mudassir - Bisnis.com 11 Februari 2019  |  19:34 WIB
Perhatikan 5 Tips Ini Sebelum Berlibur Jalan-Jalan
Wisatawan mengunjungi Candi Borobudur, di Magelang, Jawa Tengah, Rabu (20/6/2018). - JIBI/Nurul Hidayat

Bisnis.com, JAKARTA – Liburan merupakan aktivitas yang paling dinantikan oleh setiap orang. Selain keluar dari rutinitas kerja, berlibur dapat dimanfaatkan untuk mengunjungi destinasi baru atau yang telah direncanakan sebelumnya.

Menjelajahi berbagai situs dan tempat baru tentu merupakan pengalaman yang sangat asik. Namun begitu beberapa hal harus tetap diperhatikan agar liburan Anda berjalan dengan lancar dan menyenangkan. Berikut beberapa tips sebelum melakukan sebuah perjalanan wisata menurut traveler Riyanni Djangkaru.

1. Melakukan Riset

Riset menjadi hal yang cukup penting sebelum melakukan perjalanan wisata, apalagi di tempat baru. Mendapatkan referensi perjalanan, tempat makan dan lokasi wisata terkenal dapat Anda temukan melalui riset sederhana di internet. Jangan sungkan untuk bertanya pada orang yang pernah ke suatu destinasi agar Anda dapat mempersiapkan berbagai kebutuhan dan mengatur pengeluaran.

2. Siapkan Fisik

Selama berlibur biasanya akan lebih banyak menguras tenaga dan menguji fisik dibandingkan dengan biasanya. Kesiapan fisik sangat dibutuhkan agar rencana ke beberapa tempat dapat dilewati dengan menyenangkan. Biasakan pula untuk sedikit berolahraga sebelum liburan. Hal ini akan memberikan pengaruh agar tidak terlalu lelah saat berlibur.

3. Menyiapkan Jadwal Per Jam

Setelah fisik disiapkan, tentu beberapa destinasi atau tempat yang akan dikunjungi harus diatur. Riyanni mengatur jadwal kegiatan saat berlibur per jam. Pasalnya jika jadwal meleset maka destinasi yang semula menjadi tujuan untuk dikunjungi malah tidak tercapai. Usahakan untuk mengatur waktu dengan baik serta disiplin saat memulai wisata.

“Saya juga membiasakan apapun [rencana] dijadwalkan per jam. Karena kalau ke museum misalnya,saya bisa ke sampai tiga hari. tetapi kalau bersama teman saya kan harus mengakomodir semuanya [sehingga perlu perencanaan matang],” katanya.

4. Perhatikan Cuana Tujuan Wisata

Memastikan cuaca di lokasi wisata memang dibutuhkan guna menyesuaikan dengan pakaian yang akan dibawa. Terlebih bagi Anda yang berlibur ke luar negeri, memperhatikan cuaca di negara tujuan adalah hal utama agar tidak salah membawa pakaian. Pasalnya di sejumlah negara seperti Eropa mengalami perubahan cuaca sebanyak 4 kali selama satu tahun. Berbeda dengan Indonesia hanya dua kali perubahan cuaca tiap tahun.

5. Memperhatikan Tata Krama

Sebelum memulai perjalanan, agaknya Anda pelu mengetahui bagaimana adat dan budaya suatu daerah atau negara. Menyesuiaikan dengan wilayah yang dikunjungi sangat disarankan untuk mendapat simpati warga sekitar atau tidak mendapat masalah saat tiba tempat tujuan.

“Yang pasti tata kramanya harus dipelajari. Kultur di daerah setempat itu seperti apa ketika kita bertamu, ketika kita berbicara. Syukur-syukur ketika kita bisa gali apa saja aturan lokalnya,” sebutnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
wisata

Editor : Sutarno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top