atraksi baru ini merupakan sebuah aktivitas seni pertunjukan berlatar belakang budaya asli Bali yang dikemas menarik di lokasi 5 rumah ibadah Puja Mandala, sebagai wujud keharmonisan kerukunan umat beragama yang berlandaskan Tri Hita Karana (THK). (Ema Sukarelawanto/Bisnis).
Travel

Ada Atraksi Baru ‘Bebalihan’ di Kawasan Wisata Nusa Dua Bali

Ema Sukarelawanto
Jumat, 25 Januari 2019 - 01:13
Bagikan

Bisnis.com, NUSA DUA—PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) atau Indonesia Tourism Development Corporation menghadirkan atraksi baru Bebalihan The Enchantment of Bali untuk menarik kunjungan wisatan mancanegara ke kawasan wisata The Nusa Dua.

Direktur Konstruksi dan Operasional Indonesia Tourism Development Corporation  (ITDC) Ngurah Wirawan mengatakan atraksi wisata budaya ini diselenggarakan untuk menambah daya pikat The Nusa Dua sehingga dapat meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan ke kawasan tersebut.

“ITDC melakukan sejumlah terobosan baik promosi, layanan, dan atraksi baru di kawasan untuk menambah daya tarik agar wisatawan semakin banyak datang dan betah tinggal di Nusa Dua,” katanya, Kamis (24/1/2019).

Menurut Wirawan atraksi baru ini merupakan sebuah aktivitas seni pertunjukan berlatar belakang budaya asli Bali yang dikemas menarik di lokasi 5 rumah ibadah Puja Mandala, sebagai wujud keharmonisan kerukunan umat beragama yang berlandaskan Tri Hita Karana (THK). 

Pagelaran ini diluncurkan Kamis (24/1/2019) sore di Wantilan Pura Jagatnatha, Puja Mandala, The Nusa Dua. Sejumlah wisatawan domestik dan mancanegara menyaksikan pertunjukan ini.

Bebalihan berasal dari kata ‘balih-balihan’ yakni tarian yang diperuntukkan sebagai hiburan dan tontonan bagi wisatawan, yang tidak termasuk sakral, tetapi tetap memiliki unsur dasar seni tari Bali yang luhur. The Enchantment of Bali yang digunakan sebagai ‘tagline’ menggambarkan unsur keindahan dan pesona seni budaya Bali.

Wirawan menyebut pagelaran ini menampilkan sentuhan seni tari asli Bali dengan alunan gamelan Bali yang diharapkan menjadi pesona baru di kawasan ini.

Sejumlah tari bali yang akan dipertunjukkan dalam program ini di antaranya tari pendet, tari barong, dan tari legong.

The Nusa Dua menggandeng Sanggar Asti Pradnyaswari untuk mewujudkan pergelaran ‘Bebalihan’. Sanggar ini merupakan kelompok seni asli dari Nusa Dua yang bergerak di bidang seni pertunjukan kontemporer, nusantara, tradisi Bali, kreasi dan modern dengan mengutamakan kualitas dan profesionalisme dalam mengembangkan community based tourism.

Pergelaran nyang dimaksudkan juga untuk pelestarian seni dan budaya Bali ini akan digelar setiap Selasa dan Kamis pukul 16.00 sampai selesai sepanjang tahun 2019, bertempat di Puja Mandala, the Nusa Dua. 

Pada 2019 kawasan The Nusa Dua diharapkan mampu mendatangkan 1 juta kunjungan dengan adanya berbagai fasilitas baru hotel bintang 5 dan atraksi lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Fajar Sidik
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro