Tak Tahu Cara Susun Itinerary Perjalanan? Coba Cara Google Ini

Merencanakan perjalanan wisata ke tempat yang belum pernah kita datangi tentu membutuhkan riset, agar bujet yang kita plot tidak membengkak dan traveling jadi efektif dan efisien.
M. Taufikul Basari | 25 Januari 2019 01:04 WIB
repro

Bisnis.com, JAKARTA – Merencanakan perjalanan wisata ke tempat yang belum pernah kita datangi tentu membutuhkan riset, agar bujet yang kita plot tidak membengkak dan traveling jadi efektif dan efisien.

Internet tentu sangat membantu selain rekomendasi teman atau mencari masukan dari para travel bloger. Kadang, kita bisa minta itenerary dari teman yang sudah pernah mengunjungi suatu tempat wisata. Itinerary adalah daftar kegiatan serta estimasi bujet yang akan dikeluarkan saat perjalanan.

Namun, bagaimana jika kita tak ada teman yang punya itenerary yang diharapkan? Google punya solusinya dengan menyedikan panduan wisata, yang merupakan panduan dari Google Maps, reviews kunjungan, harga tiket pesawat dan hotel, hingga membuat rencana perjalanan.

Caranya mudah. Jika Anda menggunakan mesin pencari Google, ketikkan nama kota yang akan dikunjungi. Maka akan muncul panduan perencanaan perjalanan di sisi sebelah kanan. Berikut adalah adalah contoh jika kita merencakana mengnjungi Kyoto, Jepang.

Setelah klik "Panduan Perjalanan ke Kyoto" maka akan muncul sejumlah pilihan: Pemandu Wisata, Rekomendasi Aktivitas, Itenerary, dan Rencanakan Perjalanan. Jika Anda pilih rekomendasi aktivitas, maka akan muncul daftar tempat dan apa yang bisa dilakukan di tempat tersebut.

Misalnya, Kiyomizudera. Tempat bernama resmi Otowa-san Kiyomizu-dera ini merupakan kuil Budha kuno, yang dibangun pada tahun 798 dan sudah 10 kali mengalami kerusakan atau terbakar akibat perang atau bencana alam.

Selain deskripsi dan alamat, serta foto dari pengguna Google Maps, ada pula jadwal kegiatan yang bisa kita saksikan. Misalnya, pada 14 September akan diadakan festival Kiyomizu Temple Seiryu-e Dragon Festival.

Jika tak mau memeriksa semua destinasi, maka cukup pilih Itenarary untuk mendapatkan rekomendasi tempat yang bisa dikunjungi, misalnya, dalam satu hari. Anda akan dipandu untuk memulai perjalanan dari satu titik ke titik lain, dan estimasi waktu yang dihabiskan, baik dalam perjalanan maupun lama waktu terbaik di satu lokasi.

Sementara itu, lewat "Rencanakan Perjalanan" kita bisa mengetahui estimasi harga tiket pesawat dan penginapan. Anda bisa memilih tanggal di mana harga tiket lebih murah untuk menekan bujet perjalanan. Semakin mepet hari perjalanan biasanya semakin mahal.

Jadwal penerbangan dari tiga maskapai juga tersedia, lengkap dengan perbandingan harga tiket, yakni ANA, Garuda Indonesia, dan JAL, masing-masing dengan transit satu kali. Lama perjalanan sekitar 11 jam.

"Harga rata-rata per malam untuk hotel bintang 3 adalah Rp 1.636.363, untuk hotel bintang 4 adalah Rp 2.831.226, dan untuk hotel bintang 5 adalah Rp 5.881.860," tulis Google.

Tentu saja rekomendasi perjalanan dari Google juga bisa untuk merencanakan perjalanan wisata di dalam negeri. Cukup banyak rekomendasi yang bisa Anda manfaatkan saat mengunjungi suatu daerah, lengkap dengan estimasi bujet hingga perhitungan setiap perjalanan dari satu titik ke titik lainnya. Bagaimana, berminat jalan-jalan?

Tag : trip
Editor : M. Taufikul Basari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top