Kopi/Istimewa
Kuliner

Pasarkan Kopi Jabar, Ridwan Kamil Bakal Buka Kafe "West" di Luar Negeri

Wisnu Wage Pamungkas
Senin, 21 Januari 2019 - 09:55
Bagikan

Bisnis.com, BANDUNG - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berencana membuka kafe di luar negeri yang dinamainya "West"—yang berarti Barat, akan menyuguhkan 100% kopi asal Jawa Barat.

Rencana tersebut diungkapkan Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil, saat memberikan arahan kepada para pengurus BUMDes se-Kabupaten Ciamis, di BUMDes Sari Mandiri Desa Dewasari Kecamatan Cijeungjing Kabupaten Ciamis, Minggu (20/1/19) malam dalam rilis Humas Jabar Senin (21/1/19).

Kafe West ini, kata Emil, adalah salah satu strateginya untuk membuka pasar bagi kopi Jabar ke luar negeri. Ke depan, kafe ini juga bisa dikerjasamakan dengan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) seluruh Jabar, sehingga berimbas pada pengembangan BUMDes bintang lima (beromset puluhan miliar rupiah) di Jabar.

"Saya sudah siapkan sebuah strategi di mana kopi Jabar akan dijual di luar negeri, dan saya buat kafe di luar negeri bernama West, kopinya 100% dari Jabar," ungkap Emil.

"Saya yakin akan ada BUMDes yang bintang lima dari sini," sambungnya.

Emil mengatakan, pemilihan kopi mengingat budaya minum kopi di luar negeri, khususnya di daerah Eropa, sangat tinggi.

Ridwan Kamil berharap, nantinya permintaan pasar internasional terhadap kopi Jabar terus meningkat, sehingga berimbas pada kesejahteraan petani kopi dan BUMDes.

"Sekarang ini di Eropa sedang musim dingin, dan mereka dalam sehari bisa lima sampai enam gelas minum kopi," tambah Ridwan Kamil.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Nancy Junita
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro