Menikmati Eksotisme Danau Toba dari Berbagai Tempat

Menjelang akhir tahun 2018, saya berkunjung ke sejumlah objek wisata di kawasan Danau Toba, Sumatra Utara (Sumut). Danau ini merupakan satu dari 10 Destinasi Bali Baru.
Nancy Junita | 14 Januari 2019 13:27 WIB
Danau Toba dilihat dari Bukit Simarjarunjung Kabupaten Simalungun. JIBI - Nancy JUnita

Bisnis.com, JAKARTA - Menjelang akhir tahun 2018, saya berkunjung ke sejumlah objek wisata di kawasan Danau Toba, Sumatra Utara (Sumut). Danau ini merupakan satu dari 10 Destinasi Bali Baru.

10 Destinasi Bali Baru ini menjadi ‘jualan’ Kementerian Pariwisata untuk mendongkrak kunjungan turis asing ke Indonesia. Khusus Danau Toba, pemerintah membentuk Badan Pelaksana Otorita Danau Toba Kementerian Pariwisata untuk mengelola dan mengembangkan ekowisata di sekitar danau vulkanik tersebut.

Kini, untuk sampai di kawasan Danau Toba, turis mancanegara tidak harus melalui Bandara Kualanamu di Kabupaten Deli Serdang. Jarak dari Kualanamu ke Danau Toba sekitar 96 km, dan bisa ditempuh sekitar 4 jam (nontol). Maka, untuk menghemat waktu, turis bisa melalui Bandara Sisingamaraja XII (dulu dikenal sebagai Bandara Silangit).

Bandara ini berada di Siborongborong, Kabupaten Tapanuli Utara. Kabupaten tersebut adalah 1 dari 7 kabupaten di sekitar kawasan Danau Toba. Adapun enam kabupaten lainnya adalah: Kabupaten Simalungun, Kabupaten Karo, Kabupaten Humbang Hasundutan, Kabupaten Dairi, Kabupaten Toba Samosir, dan Kabupaten Samosir.

‘Wow!”, adalah kata untuk menggambarkan keindahan  panorama objek wisata di kawasan Danau Toba. Dilihat dari kabupaten manapun Danau Toba itu indah atau ‘uli’ dalam Bahasa Batak.

Danau Toba merupakan ikon wisata di Sumut, berada di kaldera Gunung Berapi Super, memiliki panjang 100 km, lebar 30 km, dan kedalaman 505 meter, dengan ketinggian permukaan sekitar 900 meter, dan luas 1.130 km².

Bukan danaunya  saja yang indah. Beragam objek wisata di 7 kabupaten di kawasan Danau Toba juga indah. Kawasan Danau Toba menawarkan objek wisata komplet.

Ingin menyaksikan kera liar seperti di Monkey Forest di Ubud Bali? Anda bisa menemukannya di Hutan Lindung Sibatu Loting yang dihuni kera liar, dan disebut ‘Monkey Forest.

Hutan pinus seperti di Mangunan, Dlingo Bantul, Yogyakarta bisa Anda temukan di Sipinsur Danau Toba Geopark, Kabupaten Humbang Hasundutan. Dari sini, Anda bisa menyaksikan Danau Toba yang indah, luas, serta Pulau Sibandang di tengah Danau Toba.

Air Terjun Sipisopiso di Desa Tongging, Kecamatan Merek, Kabupaten Karo, juga menjadi daya tarik. Air terjun ini memiliki ketinggian hingga 120 meter dan mengucur deras membentuk garis vertikal. Tak jauh dari air terjun, mata akan dimanjakan bunga berwarna-warni di Desa Pangambatan dan Taman Simalem Resort di Merek, Kabupaten Karo.

Untuk yang suka pantai, bisa menikmati pantai yang masih minim dari sentuhan  modern di Pantai Pasir Putih di Desa Parparean, Kecamatan Porsea, dan Pantai Bulbul di Balige Kabupaten Toba Samosir (Tobasa).

Dari perjalanan ke beberapa destinasi itu tersingkap bahwa kawasan Danau Toba masih dicengkeram masalah mendasar, seperti jalan rusak, fasilitas umum minim, kebersihan kurang, wahana minim. Contohnya, dari Pematang Siantar menuju Bukit Indah Simarjarunjung (BIS) Dolok Pardamean, Kabupaten Simalungun banyak jalan rusak. Longsor juga kerap terjadi di jembatan Kembar Pabrik Ganjang (Sidua-dua) di Jalan Kota Pematang Siantar-Parapat, Kabupaten Simalungun.

Warga setempat menyebut istilah JR untuk jalan rusak. Kebetulan, Bupati Simalungun saat ini adalah JR Saragih yang gagal menjadi calon gubernur Sumut pada pilkada tahun 2018, karena tersandung masalah ijazah.

Di Tobasa, jalan menuju  Pantai Pasir Putih, masih tanah dan berlumpur jika hujan, toilet seadanya dan kotor. Kondisi ini kontras dengan Taman Simalem Resort yang dikelola secara profesional, dan disebut-sebut investornya adalah warga Singapura.

Keindahan Danau Toba tak kalah dari Bali, dan melebihi objek wisata di Singapura yang umumnya artifisial namun populer di antara kita. Sentuhan modern, dan pembangunan infrastruktur yang mengedepankan lingkungan, dan ciri khasnya akan membuat Danau Toba makin ‘uli’.

 

Tag : danau toba, destinasi wisata
Editor : Nancy Junita

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top