Balikpapan dan Majalengka Jadi Alternatif Destinasi Wisata Baru

Balikpapan, salah satu kota di Kalimantan Timur menawarkan destinasi wisata berupa pemandangan perbukitan, sungai, dan beragam pantai yang menghadap ke selat Makassar di sebelah selatan dan timur.
Asteria Desi Kartika Sari | 09 Januari 2019 21:21 WIB
Penumpang menunggu jadwal penerbangan di Bandara Internasional Husein Sastranegara Bandung, Jawa Barat, Kamis (27/12). - Bisnis/Rachman

Bisnis.com, JAKARTA - Kabupaten di Jawa Barat, Majalengka, disasar menjadi kota tujuan baru yang hits. Lokasinya strategis berbatasan dengan kota Ciamis, Cirebon, Tasikmalaya, Kuningan dan Sumedang sehingga sayang untuk dilewatkan.

Traveler milenial dapat menjelajahi destinasi itu dengan menonjolkan beberapa spot yang berbeda. Paling populer atau banyak dikunjungi antara lain Taman Nasional Gunung Ciremai yang dinilai menjadi titik terbaik para peminat fotografi.

Di situlah para pengunjung disuguhkan pemandangan hijau, asri, dan berudara sejuk sehingga cocok bagi yang ingin bersantai sejenak.

Tak kalah menariknya lagi, ada Panyaweuyan berupa panorama ladang berundak-undak. Waktu terbaik bereksplorasi kisaran pukul 6 – 8 pagi, keunikannya bisa langsung menyaksikan kabut yang turun.

Di lokasi tersebut, traveler berkesempatan jelajahi wisata alam lainnya, antara lain Air Terjun Muara Jaya, Air Terjun Sawer, Air Terjun Tonjong, Air Terjun Cipeuteuy, dan Air Terjun Embun Pelangi. Karakteristik yang teduh menjadikan liburan terasa lebih menyenangkan.

Di sisi lain, yang hobi kuliner dapat memanjakan lidah dengan mencicipi makanan khas berlatar lesehan nuansa saung-saung Sunda, seperti surabi oncom, seblak basah, lumpia basah dan pepes jeroan.

Selain Majalengka, Balikpapan, salah satu kota di Kalimantan Timur juga menawarkan destinasi wisata berupa pemandangan perbukitan, sungai, dan beragam pantai yang menghadap ke selat Makassar di sebelah selatan dan timur.

Walaupun berjuluk Banua Patra atau kota minyak, Balikpapan berupaya mengajak pelancong untuk mengunjungi wisata budaya ataupun sejarah yang instagenik hingga kuliner menggugah selera.

Sebagai upaya mendukung akses transportasi ke kedua wilayah itu, Lion Air membuka penerbangan langsung Balikpapan ke Majalengka, dengan frekuensi terbang satu kali setiap hari yang dimulai pada 11 Januari 2019.

Lion Air menggunakan nomor JT-947 berangkat dari Bandar Udara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan, Balikpapan (BPN) pada 12.00 WITA dan dijadwalkan tiba di Bandar Udara Internasional Kertajati, Majalengka, Jawa Barat (KJT) pukul 13.00 WIB.

Untuk rute sebaliknya, Lion Air bernomor JT-946 akan mengudara dari Kertajati pukul 13.40 WIB, kemudian diperkirakan mendarat di Balikpapan pada jadwal kedatangan pukul 16.40 WITA.

Penambahan destinasi ini bakal membawa pengalaman baru. Majalengka menjadi kota kedua setelah Bandung sekaligus dapat melengkapi rute potensial yang sudah beroperasi saat ini dari Balikpapan ke Jawa Barat.

Rute Balikpapan dan Majalengka akan dikenal sebagai destinasi populer, memberikan alternatif baru bagi wisatawan serta pebisnis untuk mengunjungi Tanah Pasundan. Hal tersebut adalah bentuk kesungguhan Lion Air dalam mengakomodir tingginya tren traveling guna menghubungkan Kalimantan Timur dan Jawa Barat, dengan diikuti minat bepergian dari kalangan muda.

Memperkuat jaringan di Jawa Barat juga sebagai langkah Lion Air sejalan upaya mendukung program pemerintah guna pemerataan ekonomi dan menyokong Kementerian Pariwisata RI untuk pencapaian kunjungan 17 juta wisatawan menuju Indonesia, termasuk pengembangan pariwisata nasional.

Tag : pariwisata
Editor : Pamuji Tri Nastiti

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top