Bunga Sakura bermekaran/Ilustrasi-linxinjapan.wordpress.com
Travel

Taman Wisata Bunga Sakura Bakal Ada di Sumba Timur

Newswire
Sabtu, 5 Januari 2019 - 11:29
Bagikan

Bisnis.com, KUPANG - Kabupaten Sumba Timur, siap mengembangkan wisata bunga sakura sebagai tujuan wisata baru di wilayah paling timur Pulau Sumba, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

"Ada ratusan anakan pohon sakura yang sedang kami perbanyak melalui Dinas Lingkungan Hidup untuk siap dikembangkan secara besar-besaran mulai tahun 2019 ini," kata Bupati Sumba Timur Gidion Mbilijora ketika dihubungi Antara dari Kupang, Sabtu (5/1).

Dia mengatakan, pengembangan objek wisata baru ini dimulai dengan penanaman anakan pohon Sakura pada sejumlah titik di dalam Kota Waingapu seperti di depan Kantor Bupati, Lapangan Pemuda, dan Taman Kota.

Ke depan, lanjutnya, Sakura akan dikembangkan di padang-padang sabana karena sangat cocok iklim di daerah kering.

"Tapi meski ada yang jaga kalau dikembangkan di padang karena aspek keamanan terutama dari gangguan ternak," katanya.

Dia mengatakan akan menganjurkan pemerintah dan masyarakat desa yang memiliki padang untuk menanam pohon Sakura di pinggiran padangnya.

Menurutnya, pohon Sakura di Sumba Timur belakangan ini mulai populer di berbagai kalangan karena diketahui bisa tumbuh dan beradaptasi di daerah setempat.

Untuk itu, pemerintahannya dengan dukungan pemerintah provinsi akan mengembangkan secara besar-besaran sehingga menjadi bagian dari tujuan wisata baru.

"Pohon Sakura ini mulai berbunga sekitar bulan September dan bisa bertahan hingga lebih dari dua bulan sehingga cocok menjadi bagian dari tujuan wisata," katanya.

Gidion mengaku optimistis pengembangan wisata Bunga Sakura ini akan menjadi branding baru pariwisata di daerahnya karena selama ini wisatawan hanya bisa menjumpainya di Negara Jepang.

"Sehingga nanti Sumba Timur tidak hanya terkenal dengan wisata alam sabana dan pantai yang indah, keunikan megalitik, kuda sandelwood, kain tenun, dan lainnya tapi juga ada wisata baru yaitu Bunga Sakura," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Editor : Fajar Sidik
Sumber : Antara
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro