Ilustrasi: Pengunjung berwisata di Pantai Ancol, Jakarta, Selasa (25/12/2018). Pasangnya air laut dan cuaca buruk mengakibatkan Pantai Ancol sepi pengunjung saat libur Natal 2018./ANTARA-Rivan Awal Lingga
Travel

BNPB: Pantai Ancol Aman dari Tsunami Selat Sunda

Amanda Kusumawardhani
Rabu, 26 Desember 2018 - 16:37
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA--Badan Nasional Penanggulangan Bencana menyatakan bahwa wilayah pesisir Jakarta termasuk Pantai Ancol aman pascatsunami yang Sabtu lalu menerpa wilayah Serang, Pandeglang, dan Lampung Selatan.

“Tsunami Selat Sunda tidak akan sampai ke Ancol. Jika gelombang tinggi itu pengaruh dari cuaca dan laut. Info gelombang dapat melihat website BMKG,” kata Kepala Pusat Data dan Informasi BNPB, Sutopo Purwo Nugroho, dikutip dari keterangan resminya, Rabu (26/12/2018).

Peringatan dini gelombang tinggi yang terdapat pada website BMKG menunjukkan bahwa wilayah Indonesia yang diprediksi akan mengalami gelombang tinggi pada Rabu (38/12/2018) ada di wilayah selatan Sumatra, selatan Jawa, utara Kalimantan, utara Sulawesi hingga utara Papua. Sebaliknya, di wilayah utara Jawa diprediksi mengalami Slight Sea atau gelombang antara 0,5 sampai 1,25 meter.

Meskipun demikian, Manajemen Ancol telah memiliki prosedur standar operasional terkait dengan keadaan darurat salah satunya apabila terjadi bencana alam.

Pada masa gelombang pasang seperti ini pula, para lifeguard senantiasa memberikan imbauan kepada pengunjung dengan pengeras suara agar memperhatikan batas aman berenang termasuk mengawasi anak-anak yang sedang berenang.

Petugas keamanan dan lifeguard yang berjaga di sekitar pantai juga akan siap untuk mengarahkan pengunjung ke titik berkumpul dan lokasi yang lebih aman apabila terjadi keadaan darurat.

“Keamanan dan kenyamanan pengunjung dalam berekreasi merupakan prioritas bagi kami, untuk itu kami selalu berupaya yang terbaik dan mempersiapkan apabila terjadi hal-hal yang tidak diharapkan,” ucap Sunarto, VP Taman Impian Jaya Ancol.

Terdapat titik kumpul yang tersebar di kawasan Ancol Taman Impian di antaranya yaitu kawasan parkir carnaval, parkir sentral/tengah, parkir timur, parkir allianz ecopark dan parkir dufan. Selain itu seluruh gerbang Ancol digunakan sebagai jalur evakuasi jika dalam keadaan darurat.

Pada libur panjang Natal lalu, Ancol Taman Impian teap menjadi salah satu pilihan liburan keluarga oleh masyarakat. Data terakhir total pada libur sepanjang 22-25 Desember 2018 tercatat sekitar 233.000 orang yang berwisata di Ancol Taman Impian.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Saeno
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro