Ilus/www.scotlandwhisky.com
Kuliner

Sebagian Wiski Skotlandia Yang Langka Disinyalir Palsu

Aprianus Doni Tolok
Jumat, 21 Desember 2018 - 19:34
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Sejumlah wiski langka dan menjadi barang koleksi disinyalir banyak yang palsu. Diperlukan penelitan secara mendalam untuk membuktikan keakuratan tahun produksinya.

Para peneliti dari Pusat Penelitian Lingkungan Universitas Skotlandia menggunakan penanggalan karbon untuk dalam menentukan keaslian 55 botol sampel wiski Skotlandia yang mereka beli di pasar sekunder. Hasilnya ditemukan 21 botol itu palsu atau tidak disuling pada tahun yang dinyatakan.

Seperti dikutip dari Reuters (21/12), Penjualan wiski yang menjadi barang koleksir langka memang semakin populer. Pada Oktober lalu, The Macallan Valerio Adami 1926 – wiski berusia 60 tahun – dijual dengan harga US$1,08 juta pada sebuah pelelangan.

Peneliti menilai tingkat radiokarbon yang diserap oleh jelai atau biji-bijian bisa digunakan untuk menentukan umur wiski yang menjadi andalan ekspor Skotlandia. Menurut mereka, wiski yang memiliki tingkat radiokarbon tinggi biasanya disuling sebelum 1950-an. Keakuratan proses ini dalam menentukan kemungkinan tahun distilasi.

Co-founder Rare Whiskey 101 David Robertson berasumsi bahwa wiski Skotlandia dengan tahun distilasi sebelum 1900 adalah palsu sampai ada penelitian yang membuktikan keasliannya.

"Masalah ini akan ada mengingat harga untuk botol langka terus meningkat."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Sumber : Reuters
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro