Sebagian Wiski Skotlandia Yang Langka Disinyalir Palsu

Sejumlah wiski langka dan menjadi barang koleksi disinyalir banyak yang palsu. Diperlukan penelitan secara mendalam untuk membuktikan keakuratan tahun produksinya.
Aprianus Doni Tolok | 21 Desember 2018 19:34 WIB
Ilus - www.scotlandwhisky.com

Bisnis.com, JAKARTA – Sejumlah wiski langka dan menjadi barang koleksi disinyalir banyak yang palsu. Diperlukan penelitan secara mendalam untuk membuktikan keakuratan tahun produksinya.

Para peneliti dari Pusat Penelitian Lingkungan Universitas Skotlandia menggunakan penanggalan karbon untuk dalam menentukan keaslian 55 botol sampel wiski Skotlandia yang mereka beli di pasar sekunder. Hasilnya ditemukan 21 botol itu palsu atau tidak disuling pada tahun yang dinyatakan.

Seperti dikutip dari Reuters (21/12), Penjualan wiski yang menjadi barang koleksir langka memang semakin populer. Pada Oktober lalu, The Macallan Valerio Adami 1926 – wiski berusia 60 tahun – dijual dengan harga US$1,08 juta pada sebuah pelelangan.

Peneliti menilai tingkat radiokarbon yang diserap oleh jelai atau biji-bijian bisa digunakan untuk menentukan umur wiski yang menjadi andalan ekspor Skotlandia. Menurut mereka, wiski yang memiliki tingkat radiokarbon tinggi biasanya disuling sebelum 1950-an. Keakuratan proses ini dalam menentukan kemungkinan tahun distilasi.

Co-founder Rare Whiskey 101 David Robertson berasumsi bahwa wiski Skotlandia dengan tahun distilasi sebelum 1900 adalah palsu sampai ada penelitian yang membuktikan keasliannya.

"Masalah ini akan ada mengingat harga untuk botol langka terus meningkat."

Sumber : Reuters

Tag : minuman beralkohol
Editor : Andhika Anggoro Wening

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top