Travel

6 Pemandangan Unik Lengkapi Perjalanan Kereta Jakarta - Surabaya

MediaDigital
Selasa, 18 Desember 2018 - 08:00
Bagikan

Salah satu hal paling menarik dari naik kereta api adalah pemandangannya. Banyak orang gemar naik ular besi karena pemandangan yang disuguhkan selama perjalanan begitu beragam dan menarik untuk disimak. Bahkan, pemandangan tersebut menjadi salah satu hal utama yang membuat orang bisa betah sekalipun perjalanannya sangat lama hingga belasan jam.

Bagi Anda yang sedang mempersiapkan perjalanan dari Jakarta ke Surabaya, tentunya kereta api menjadi moda transportasi yang bisa diandalkan. Harga tiket kereta Jakarta Surabaya yang terjangkau menjadi salah satu keunggulannya. Dalam perjalanan selama 9 - 15,5 jam tersebut, penumpang juga akan ditemani pemandangan menakjubkan berikut ini:

1. Monumen Nasional (Monas)

Apabila Anda membeli tiket kereta Jakarta Surabaya Kelas Eksekutif atau Campuran, maka Anda akan berangkat dari Stasiun Gambir. Saat sedang menanti kereta di peron saja, Anda sudah dapat melihat kemegahan Tugu Monas dalam jarak cukup dekat.

Tugu kebanggaan ibu kota tersebut akan tetap bisa Anda lihat hingga beberapa menit selepas kereta mulai meninggalkan Stasiun Gambir. Pemandangan ini tampak sangat menakjubkan apabila Anda berangkat menjelang waktu matahari terbit atau terbenam.

2. Dipo Lokomotif Stasiun Pekalongan

Perjalanan kereta rute Jakarta - Surabaya umumnya akan singgah sejenak di Kota Pekalongan. Sesaat sebelum memasuki Stasiun Pekalongan, Anda akan melihat sebuah bangunan tua yang sangat usang di sebelah kiri.

Bangunan yang tampak seram tersebut merupakan dipo lokomotif tua yang kini sudah tak lagi beroperasi. Penampakannya cukup membuat bergidik karena tembok bangunan sudah banyak yang rapuh hingga batu bata di dalamnya terlihat. Pemandangan satu ini rasanya akan semakin menarik jika dilihat saat malam.

6 Pemandangan Unik Lengkapi Perjalanan Kereta Jakarta - Surabaya

3. Jalur Pantai Utara

Tiket kereta Jakarta Surabaya untuk perjalanan pagi cukup laris diserbu penumpang, salah satunya karena perjalanan satu ini menampilkan pemandangan terindah. Dengan KA Bromo Anggrek Pagi, Anda akan diajak melintasi jalur Pantai Utara yang dihiasi sawah, perkebunan, hingga lautan.

Ketika memasuki kawasan Stasiun Plabuan di Kota Batang, kereta akan berjalan di atas rel yang berada persis di tepi laut. Anda mungkin akan berharap kereta berjalan lebih lambat di sini karena tidak ingin pemandangan ombak berdeburan cepat berlalu. Pilihlah tempat duduk di sebelah kiri untuk menikmati pemandangan ini dengan lebih leluasa.

4. Dipo Lokomotif Stasiun Semarang Poncol

Perjalanan kereta rute Jakarta - Surabaya juga akan singgah sejenak di Kota Semarang. Kereta akan melewati Stasiun Poncol dengan pemandangan menarik yang malah datang dari dipo lokomotifnya.

Arahkan pandangan Anda ke sisi kanan untuk melihat banyak gerbong kereta berjejer di dipo tersebut. Beberapa detik sebelum tiba persis di depan dipo, Anda juga akan melihat lahan kecil yang menjadi tempat peristirahatan terakhir bangkai gerbong kereta yang sudah tak terpakai lagi.

5. Stasiun Semarang Tawang

Tak lama selepas melewati Stasiun Poncol, rute selanjutnya yang akan dilewati adalah Stasiun Tawang. Di sini, kereta akan berhenti sejenak sehingga Anda dapat menikmati penampakan cantik stasiun antik bernuansa kolonial. Tembok putih yang kokoh, serta jendela dan pintu kayu dengan sisi atas berbentuk setengah lingkaran tampak merias sisi pinggir peron. Penumpang biasanya menyempatkan diri turun sejenak agar dapat melihat-lihat stasiun secara lebih leluasa.

6. Kolam tambak dan perkampungan tepi laut

Jika masih butuh lebih banyak waktu untuk melihat pemandangan unik, tak perlu khawatir Anda masih akan menjumpai pemandangan menarik lainnya. Pemandangan yang berada dekat dengan Stasiun Tawang ini menampilkan suasana perkampungan di rawa, lengkap dengan kolam tambak dan rumah gubuk. Sesekali, Anda akan melihat warga sekitar memancing, membersihkan kolam tambak, atau merapikan jaring pembatasan kolam.

Jika Anda melewati kawasan ini saat sore tiba, pemandangannya bisa lebih indah lagi dengan tambahan matahari yang hampir terbenam. Menyambut liburan selanjutnya, belilah tiket kereta Jakarta Surabaya di OTA terpercaya untuk mendapatkan keuntungan maksimal. Pilih waktu keberangkatan pagi demi mendapatkan pemandangan selama perjalanan dalam kondisi terbaiknya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : MediaDigital
Editor : MediaDigital
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Rekomendasi Kami