Ilustrasi/Tripdesigners
Travel

Traveling Bisa Tingkatkan Kesehatan Mental

Tika Anggreni Purba
Senin, 17 Desember 2018 - 13:57
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Terjebak dalam rutinitas sehari-hari ibarat lingkaran setan yang tidak ada ujungnya. Kadang kala keseharian kita diisi dengan tekanan dari tempat kerja, maupun hal-hal lainnya yang membuat kita tidak bahagia. Akhirnya, kejenuhan pun melanda.

Salah satu tanda kejenuhan adalah ketika Anda mulai tidak betah dengan orang di sekitar  atau mulai jengkel dengan hal-hal yang sebetulnya tidak begitu penting. Kalau terus dibiarkan, persoalan ini bisa bikin stres.

Nah, ketika Anda merasakan hal seperti ini saatnya mengambil waktu untuk berlibur dan melakukan perjalanan (traveling). Melakukan perjalanan bisa meningkatkan kesehatan mental.

Kalau masih belum yakin juga, berikut manfaat dari traveling untuk meningkatkan kesehatan mental dikutip dari Psychologytoday.com:

1.   Memperluas perspektif

Bepergian ke tempat yang baru, baik jauh maupun dekat, akan mendorong kita untuk keluar dari zona nyaman. Ketika bepergian kita dapat mengalami cara hidup orang lain di sebuah tempat, menikmati hidangan lokal, dan lain-lain.
 
Semua hal baru yang kita lihat saat traveling akan memperluas perspektif kita terhadap sesuatu. Hal ini akan menolong kita untuk mempelajari kebiasaan baru, pemandangan baru, budaya baru, bahasa baru, dan sebagainya. Setelah Anda pulang ke rumah, pandangan Anda terhadap dunia semakin luas dan baru.
 
2.  Mengajarkan tentang dunia

Perjalanan akan memaksa kita untuk mempelajari peta, budaya, dan bahasa orang lain. Saat traveling kita akan belajar bagaimana caranya untuk berkomunikasi dengan orang-orang yang tidak biasa kita temui.
 
Anda mungkin akan terkejut tentang hal-hal baru yang bisa Anda pelajari ketika berinteraksi dengan orang asing dalam perjalanan Anda.
 
3.   Memperkuat hubungan

Apabila Anda bepergian dengan pasangan atau keluarga, traveling bersama akan mempererat hubungan. Berbagai pengalaman perjalanan, baik yang menyenangkan maupun tidak akan membentuk ikatan yang lebih kuat dengan mitra perjalanan Anda.
 
4.  Meningkatkan kebahagiaan

Efek langsung perjalanan tidak hanya akan terasa selama perjalanan saja, tetapi saat menantikan waktu perjalalan saja pun sudah bikin suasana hati bahagia. Orang-orang merasa paling bahagia ketika mereka merencanakan liburan. Itulah sebabnya banyak orang yang memilih untuk menghabiskan uangnya untuk perjalanan ketimbang membeli barang baru.
 
5.  Membantu mengurangi stres

Bepergian atau jalan-jalan ke satu tempat akan menyegarkan kembali pikiran kita. Anda dapat meninggalkan dan melupakan rutinitas dan pekerjaan sejenak. Apalagi jika perjalanan diisi dengan kegiatan yang menyenangkan, stres pun terkendali. Banyak orang yang menjadi pribadi yang lebih menyenangkans setelah dia pulang dari bepergian.
 
6.  Meningkatkan kreativitas

Berada di sebuah tempat atau negara terentu akan menghadapkan Anda pada pemandangan dan suasana yang tidak familiar. Hal ini dapat meningkatkan kreativitas. Misalnya ketika tidak fasih berbahasa lokal, Anda akan berusaha untuk mencari cara berkomunikasi dengan mereka. Kreativitas juga bisa meningkat ketika mempelajari hal-hal baru di tempat tujuan perjalanan Anda.
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Nancy Junita
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro