Sate lilit/Istimewa
Kuliner

Chef Juna Promosi Kuliner Indonesia ke Brunei

Newswire
Senin, 10 Desember 2018 - 12:46
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Bandar Seri Begawan bekerjasama dengan Indonesian Chef Association (ICA) menghadirkan Chef  Juna untuk mempromosikan kuliner Indonesia kepada warga di Brunei Darussalam.

Ratusan tamu terlihat antusias menyaksikan aksi Chef Juna memasak kuliner khas Bali di Brunei Darussalam pada Minggu (9/12/2018), demikian pernyataan tertulis dari KBRI Bandar Seri Begawan yang diterima di Jakarta, Senin (10/12/2018).

Chef Juna dibantu beberapa koki dari ICA membuat empat menu masakan, yaitu sate lilit, serombotan, ayam suwir khas bali dan sambal matah.

"Ciri khas kuliner Bali adalah kelengkapan rempahnya dan rasanya yang pedas, sederhana namun tidak mudah membuatnya karena harus memperhatikan kelengkapan rempah-rempahnya," kata Juna.

Demo masak Chef Juna tersebut adalah bagian rangkaian "Fabulous Indonesian Culinary Fest", yakni kolaborasi KBRI Bandar Seri Begawan dengan ICA untuk mempromosikan kuliner Indonesia kepada masyarakat Brunei Darussalam.

Acara itu juga menampilkan angkringan dan ukir buah hasil kreasi ICA.

Duta Besar RI untuk Brunei Darussalam, Sujatmiko dalam sambutannya pada pembukaan acara tersebut menyampaikan bahwa KBRI Bandar Seri Begawan berupaya lebih memperkenalkan ragam kuliner Indonesia di luar beberapa kuliner yang sudah sangat dikenal di Brunei Darussalam, seperti bakso, sate, ayam penyet, dan nasi goreng.

"Selain itu, kerja sama dengan ICA, yang memiliki sekitar 350 anggota di Brunei Darussalam, merupakan wujud nyata sinergi antara KBRI dan masyarakat Indonesia di Brunei Darussalam dalam mempromosikan kuliner Indonesia," ungkapnya.

Dia menjelaskan bahwa keberadaan sekitar 350 koki asal Indonesia yang bekerja di hotel-hotel top di Brunei, ditambah keberadaan banyak restoran Indonesia dan para pekerja domestik di rumah-rumah warga Brunei secara otomatis ikut serta mempromosikan masakan Indonesia di Brunei Sarussalam.

Selain melakukan demo masak, Chef Juna juga menjadi juri acara Fabulous Indonesian Culinary Challenge pada 9 Desember 2018. Tidak kurang dari 25 juru masak restoran dan hotel di Brunei serta pelajar sekolah kuliner lokal berkompetisi dalam tiga kategori lomba yaitu bakso display, fruit carving dan black box cooking.

Selanjutnya, diadakan makan malam bersama yang dihadiri sekitar 300 orang, dan dipentaskan beberapa tari dan musik oleh staf KBRI dan warga Indonesia di Brunei.

Acara kolaborasi KBRI Bandar Seri Begawan dan ICA tersebut merupakan salah satu rangkaian Brunei December Festival, yang merupakan usaha Pemerintah Brunei Darussalam untuk menarik wisatawan domestik dan luar negeri ke Brunei pada masa liburan akhir tahun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Antara
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro