7 Cara Jitu Menyiasati Liburan dengan Biaya Terjangkau

Indonesia termasuk salah satu negara dengan pertumbuhan traveler tercepat (7.7%).
Eva Rianti | 22 November 2018 14:57 WIB
Ilustrasi. - Womanbizlife
 
Bisnis.com, JAKARTA — Dalam riset global yang dikeluarkan oleh World Travel and Tourism Council 2018 disebutkan bahwa Indonesia termasuk salah satu negara dengan pertumbuhan traveler tercepat (7.7%). Ini menunjukkan, masyarakat Indonesia saat ini semakin menyukai kegiatan berlibur atau traveling.
 
Kendati mayoritas masyarakat Indonesia menyukai kegiatan traveling, masih banyak yang ingin mendapatkan liburan dengan mengeluarkan biaya minim dan sangat murah. 
 
Terkadang ada kebingungan untuk menyiasati cara liburan dengan biaya yang terjangkau dan cenderung masih beranggapan bahwa liburan merupakan hal yang sangat membutuhkan dana yang besar. 
 
Padahal ada cara-cara tertentu agar dapat berlibur tanpa perlu menguras dompet. Berikut ini cara-cara yang bisa Anda lakukan a la Traveloka, perusahaan teknologi layanan perjalanan.
 
Pertama, budgeting.
Cara pertama yang sangat dibutuhkan untuk merencanakan traveling, yaitu budgeting atau bisa dikatakan cara kita untuk mengatur keuangan kita.
 
Memeriksa dan mengatur secara tepat apa yang Anda habiskan dalam sebulan mungkin merupakan tugas yang melelahkan dan menyakitkan, tetapi ini adalah bagian penting dari rencana menabung Anda, terutama tabungan untuk berlibur.
 
Pengaturan pengeluaran dan pemasukan dalam sehari-hari dalam konteks ini adalah Anda bisa mulai menabung untuk rencana liburan impian Anda. Dengan menentukan budget pengeluaran untuk berlibur, Anda akan lebih terarah dalam merencanakan suatu perjalanan.
 
Kedua, pesan tiket jauh hri.
Melakukan pemesanan tiket jauh sebelum waktu yang direncanakan untuk perjalanan akan jauh lebih hemat, dikarenakan semakin jauh jarak pembelian dengan tanggal yang diinginkan maka semakin murah pula harga yang ditawarkan. 
 
Salah satu contohnya adalah harga tiket pesawat yang tercantum 6 bulan sebelum waktu yang ditentukan akan jauh lebih terjangkau dibandingkan harga tiket yang tersedia 1 minggu dari tanggal yang ditentukan. Maka dari itu, lakukan pemesanan tiket sedini mungkin, semakin bersahabat pula harga tiket dengan budget yang sudah kita tentukan. 
 
Ketiga, pilihlah tanggal yang tepat.
Bagi Anda yang sangat menyukai tempat-tempat berlibur atau traveling yang ‘instagramable’, ini adalah cara yang bisa Anda terapkan mulai dari sekarang. 
 
Hindari peak season dalam menentukan waktu liburan karena saat peak season destinasi wisata pasti dipenuhi oleh pengunjung yang mengakibatkan Anda sulit untuk mendapatkan momen atas keindahan destinasi tersebut. Saat low season pengunjung di suatu tempat wisata tentunya akan semakin rendah.
 
Maka dari itu, Anda akan jauh lebih leluasa untuk mengeksplor destinasi wisata dan menciptakan memori tanpa adanya gangguan riuh ramainya pengunjung. Selain leluasa dalam menjelajahi destinasi wisata, traveling saat low season pastinya membuat kantong Anda jauh lebih bersahabat.
 
Keempat, gunakan promo sebaik-baiknya.
Setelah berupaya melakukan budgeting dan lain sebagainya bagaimana bila persiapan dana liburan tersebut masih belum mencapai target? Tenang saja, masih banyak cara supaya budget berlibur bisa lebih ekonomis dan bersahabat. 
 
Salah satu caranya adalah dengan memanfaatkan penawaran promo diskon atau cashback. Pada musim liburan terutama saat jelang akhir tahun seperti ini, banyak sekali penawaran promo tiket dan hotel, atraksi dan aktivitas, serta lainnya yang bisa kamu manfaatkan.
 
Kelima, mengakali transportasi yang akan digunakan. 
Sebaiknya riset atau mencari data terlebih dahulu mengenai destinasi yang bakal dikunjungi. Salah satunya adalah ketersediaan transportasi yang terdapat di daerah destinasi tersebut. Jika Anda bepergian dalam grup, patungan untuk menyewa mobil dapat menjadi opsi karena kemudahannya sehingga Anda dapat menjelajah banyak tempat wisata dengan lebih fleksibel.
 
Cara jitu lainnya untuk membuat biaya traveling semakin hemat adalah jangan hanya terpaku untuk menggunakan transportasi pesawat saja. Terkadang, untuk mencapai destinasi tertentu, liburan menggunakan pesawat justru akan membuat biaya menjadi terlalu besar. 
 
Sebagai contoh, bila Anda ingin liburan dari Jakarta ke Yogyakarta, menggunakan pesawat sebenarnya bukanlah pilihan terbaik. Karena ongkosnya yang besar, minimal Rp 500.000-an untuk sekali jalan. Solusinya, Anda bisa menggunakan transportasi darat seperti bus dengan harga tiket Rp 200.000-an untuk kelas eksekutif atau alternatif lainnya adalah menggunakan kereta api.
 
Kalau ingin menikmati kelas eksekutif, harga tiketnya sekitar Rp 350.000an untuk sekali jalan. Walau lebih mahal dengan waktu tempuh yang lebih lama, tapi perjalanan akan semakin menyenangkan karena Anda bisa menikmati pemandangan lebih nyata dan biayanya tetap jauh lebih murah dari tiket pesawat. 
 
Keenam, carilah rekomendasi makanan murah.
Salah satu momen tak terlupakan dari suatu perjalanan adalah mencicipi kuliner yang menjadi khas dari suatu destinasi. Jika Anda adalah traveler yang menyukai wisata kuliner pada suatu destinasi wisata tidak ada salahnya untuk mencari rekomendasi makanan terbaik di daerah wisata tersebut dengan melihatnya dari aplikasi maupun bertanya pada warga sekitar. 
 
Ketujuh, gunakan feature pay later.
Jika perencanaan dan alokasi budget sudah dilakukan, tiket promo sudah di depan mata, namun ternyata budget Anda masih kurang, Anda bisa memanfaatkan fitur cicilan perjalanan yang tersedia seperti Traveloka PayLater.
 
Dengan fitur ini Anda dapat melakukan perjalanan yang aman dan nyaman dengan melakukan pembayaran secara fleksibel di kemudian hari tanpa khawatir, untuk jangka waktu 1 hingga 12 bulan dengan bunga yang ringan.

 

Tag : Liburan
Editor : Miftahul Ulum

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top