Presiden Joko Widodo (kanan) menerima surat kepercayaan Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (LBBP) Kerajaan Belgia untuk Indonesia Stephane De Loecker di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (8/11/2018)./Antara
Kuliner

Diplomasi Cokelat ala Dubes Belgia Stephane De Loecker

Newswire
Senin, 19 November 2018 - 09:07
Bagikan

Cokelat Paling Dikenal

Cokelat memang salah satu penganan yang paling dikenal dari Belgia, bahkan industrinya telah berkembang sejak abad ke-19. Kini, negara tersebut memproduksi berbagai variasi produk cokelat.

Pertama ada praline yang berupa cangkang terbuat dari cokelat dengan isian berbagai macam seperti nougat, caramel, kopi atau kacang-kacangan. Ada juga truffles yang biasanya berbentuk bulat dan sering diberikan isi ganache cokelat, wafer atau kacang dan kopi.

Berbagai merek cokelat terkenal dari Belgia seperti Godiva dan Leonidas juga seringkali hadir dengan bentuk-bentuk yang mengikuti musim, seperti bentuk kelinci saat Paskah, atau bentuk hati saat orang-orang merayakan hari  Valentine.

Untuk menambah kemeriahan acara, Kedutaan Besar Belgia di Jakarta bersama Puratos Chocolates mengadakan sesi demonstrasi yang dapat dihadiri langsung oleh para pengunjung. Salah satunya demo pembuatan cokelat batangan.

Adang Hendra, salah satu koki ahli dari Puratos menunjukkan cara pembuatan cokelat siap konsumsi dari mulai proses melelehkan hingga pendinginan. Tak hanya itu, dia juga membagikan ilmu kepada para partisipan yang hadir, termasuk cara mengolah produk cokelat yang tepat, serta cara memilih cokelat yang baik di pasaran.

Harga cokelat di pasaran sangat bervariasi, mulai dari cokelat yang dapat dibeli di supermarket, sampai cokelat impor mewah yang dipajang dalam etalase kaca di pusat perbelanjaan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro