Pantai Senggigi/Istimewa
Travel

Pemulihan Wisata di Senggigi Masih Berjalan Lambat. Ini Sebabnya 

Ni Putu Eka Wiratmini
Minggu, 11 November 2018 - 12:39
Bagikan

Bisnis.com, MATARAM – Ketua Tim Kerja Pemulihan Destinasi dan Promosi Pariwisata NTB Farid Said mengatakan Senggigi menjadi destinasi yang pemulihannya paling lambat dibanding daerah lain di Lombok.

Kondisi tersebut terjadi karena pengaruh karakteristik wisatawan.

Dia menilai, wisatawan yang datang ke Senggigi sebagian besar merupakan kebangsaan Asia. Karakteristik wisatawan ini cukup sulit pulih dari kondisi kebencanaan. Berbeda dengan wisatawan Eropa yang membutuhkan waktu lebih singkat untuk pulih dari kondisi bencana.

“Senggigi punya segmen sendiri [Asia]. Kalau orang-orang Eropa pemulihannya hanya 3 hari pascabencana, orang Asia bisa 3 bulan pascabencana,” katanya, Sabtu (10/11/2018).

Setidaknya NTB memiliki empat destinasi utama yakni Gili Trawangan, Mataram, Senggigi, dan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika.

Menurut Farid kunjungan wisata ke Gili Trawangan termasuk pulih dengan cepat. Hal itu karena, wisatawan yang sebagian besar berkunjung merupakan kebangsaan Eropa.

Pariwisata di KEK Mandalika tidak terpengaruh dengan kondisi gempa. Mataram pun mulai ramai dikunjungi wisatawan dan pebisnis dengan okupnasi hotel mencapai 50%. Begitu juga dengan Gili Trawangan yang mulai didatangi wisatawan dengan rata-rata okupansi mencapai 70%. 

“Dari keempat destinasi ini, yang paling cepat pulih adalah Gili Trawagan karena mendapat imbas dari Bali,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Saeno
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro