Travel

Pertama Kali Perjalanan Bisnis Ke New York? Ini yang Harus Anda Siapkan

MediaDigital
Jumat, 9 November 2018 - 13:54
Bagikan

Apapun yang namanya pertama kali, jelas mampu membuat Anda berdebar. Apalagi ini sebuah perjalanan bisnis penting ke New York. Selain jauh, New York tentu memberikan tantangan tersendiri bagi Anda.

Namun, sebelum berkecil hati lebih dalam, Anda wajib mengerti bahwa sebuah perjalanan bisnis merupakan salah satu tanda kalau Anda telah dipandang sebagai orang yang bisa dipercaya di perusahaan. Jadi sisi positif untuk jenjang karier, sudah jelas Anda dapatkan, pun sekaligus momen ini juga bisa Anda manfaatkan untuk penyegaran sesaat.

Pun, ketika Anda adalah seorang pengusaha maka perjalanan bisnis sampai luar negeri terlebih ke salah satu kota metropolitan terbaik di dunia, New York, merupakan penanda bahwa bisnis Anda bisa berjalan dengan sangat baik.

Jalan-jalan sambil bekerja, kenapa tidak? Begitu, kan. Nah, untuk Anda yang pertama kali perjalanan bisnis ke New York, ini adalah panduan tentang hal-hal yang wajib Anda persiapkan 

  1. Cari semua informasi tentang New York yang akan Anda kunjungi

Ini sebaiknya Anda lakukan jauh-jauh hari, sebelum Anda berangkat untuk perjalanan bisnis ke New York. Apa saja yang wajib Anda pastikan? Mulai dari memelajari rute dan akses dari bandara tempat Anda tiba ke penginapan atau lokasi meeting yang sudah ditentukan.

Selain itu, Anda juga jangan pernah berpasrah diri dengan berpikir; “Nanti juga ada jemputan” atau “Di sana sudah ada yang mengawal.” Ingat, Anda akan pernah tahu apa yang akan terjadi di sana. Pun di sana adalah negara orang lain sehingga Anda wajib mempersiapkannya dengan baik.

Jelas bukan kisah yang menyenangkan, bila Anda harus tersesat di negara orang dan kelimpungan. Jadi, jangan malas untuk cari tahu informasi yang lengkap. 

  1. Jangan membawa terlalu banyak pakaian dan sesuaikan dengan musim

Cek musim yang sedang berlangsung di New York saat Anda berada di sana, kemudian sesuaikan. Lantas, hitung berapa lama Anda akan berada di negara tersebut, lalu sebisa mungkin, bawalah pakaian dalam jumlah yang wajar.

Terlalu banyak membawa pakaian justru akan membuat Anda kerepotan. Bahkan Anda bisa berpotensi terkena biaya kelebihan bagasi yang tidak murah.

Pun, jika perjalanan bisnis Anda ini memakan waktu hingga wajib menetap sekitar dua pekan, Anda pun bisa memanfaatkan jasa laundry hotel. Jadi, pikir dua kali sebelum bawa terlalu banyak pakaian. 

  1. Pastikan paspor tidak kadaluarsa

Anda pasti mengerti bahwa paspor adalah dokumen resmi yang dikeluarkan oleh pemerintah dan menjadi identitas Anda saat berada di luar negeri. Ini ibarat KTP Anda selama tinggal di sana.

Jadi, kapan pun dan di mana pun, jangan pernah tinggalkan paspor Anda. Bila perlu lengkapi paspor dengan dompet khususnya, agar lebih mudah untuk dibawa ke mana-mana. Pun, ingat saat naik pesawat, jangan simpan paspor di koper yang nantinya dimasukkan ke bagasi.

Bawalah tas kecil untuk menyimpan dompet sekaligus paspor yang telah dilengkapi dengan dompet khususnya. 

  1. Jangan terlambat datang ke bandara

Untuk sebuah perjalanan bisnis, bila Anda mendapatkan tugas perjalanan bisnis dari perusahaan maka bukan tidak mungkin, perihal tiket sudah disiapkan oleh perusahaan. Namun, jika Anda seorang pebisnis maka, bukan tidak mungkin Anda menyiapkan secara mandiri tiket pesawat untuk perjalanan bisnis ke New York tersebut.

Untuk mempermudah pembelian tiket pesawat ke new york, Anda bisa memanfaatkan layanan penjualan tiket online seperti Traveloka yang sering memberikan promo menarik.

Nah, ketika Anda telah mendapatkan tiket dengan harga lebih murah dari Traveloka, jangan pernah menyepelekan masalah keberangkatan pesawat. Datanglah ke bandara lebih awal, kalau bisa 2 jam sebelum keberangkatan.

Mengapa hal ini perlu dilakukan? Proses pemeriksaan rute penerbangan internasional juga berbeda dengan domestik, terutama dalam segi waktu. Belum lagi, Anda harus mencari terminal keberangkatan, dan boarding gate yang biasanya ditutup 45 menit menjelang keberangkatan. 

  1. Jangan simpan laptop atau dokumen penting di bagasi

Segala barang yang berhubungan dengan pekerjaan, termasuk laptop, dokumen penting seperti paspor, dan lainnya jangan dimasukan ke dalam bagasi, namun sebaiknya disimpan di kabin.

Untuk meringkasnya, bawalah tas kerja harian Anda dan simpan barang-barang penting di sana. Pun, Anda wajib mengerti bahwa setiap maskapai juga punya aturan masing-masing. Secara umum, yang diperbolehkan untuk masuk ke bagasi adalah barang-barang yang bukan prioritas atau bukan barang berharga, seperti pakaian.

Terakhir, yang sebaiknya Anda perhatikan adalah tujuan Anda ke New York adalah untuk bekerja dalam perjalanan bisnis sehingga ada baiknya Anda fokuslah pada tujuan utama itu. Urusan jalan-jalan atau beli oleh-oleh, bisa dilakukan jika memang ada waktu.

Selamat berpergian menuju New York!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : MediaDigital
Editor : MediaDigital
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Rekomendasi Kami