Biro Perjalanan Diharapkan Jadi Hub Wisman Melancong ke Luar Bali

Biro perjalanan wisata di Bali diharapkan bisa menjadi hub atau penghubung untuk membawa wisatawan mancanegara melakukan perjalanan ke berbagai destinasi di luar Pulau Dewata.
Ema Sukarelawanto | 07 November 2018 17:33 WIB
Taman Budaya Bali

Bisnis.com, DENPASAR—Biro perjalanan wisata di Bali diharapkan bisa menjadi hub atau penghubung untuk membawa wisatawan mancanegara melakukan perjalanan ke berbagai destinasi di luar Pulau Dewata.

Ketua DPD Perhimpunan Usaha Taman Rekreasi Indonesia (Putri) IGAA Inda Trimafo Yudha mendorong adanya kerja sama usaha taman rekreasi dengan biro perjalanan wisata untuk mendukung distribusi wisman ke berbagai destinasi.

“Kerja sama ini juga sangat efektif untuk mengangkat perhimpunan ini lebih dikenal dan menjadi besar,” katanya, Rabu (7/11/2018).

Menurut Inda puluhan buyers yang merupakan biro perjalanan wisata dari Bali akan bertemu dengan puluhan sellers pengelola usaha taman rekreasi se-Indonesia di ajang Indonesia Tourist Atraction Expo & Forum (ITAF) Ke-2 pada 8 hingga 10 November 2018 yang diselenggarakan DPP Putri.

Dalam acara tersebut di antaranya dilakukan table top untuk menjalin kerja sama dan memasarkan objek wisata seluruh Nusantara kepada wisatawan asing. 

Inda menyebut ada 50 BPW dan 30 pengelola usaha taman rekreasi yang telah memberikan konfirmasi untuk hadir dalam acara pameran, seminar, dan sesi pertemuan bisnis yang akan diselenggarakan di Kuta itu.

Ia menjelaskan biro perjalanan wisata hadir dalam perhelatan tersebut seluruhnya dari Bali, tetapi mereka bisa menjadi penghubung yang akan membawa wisatawan mancanegara dari Pulau Dewata ke berbagai destinasi Nusantara.

Menurut Inda sejumlah taman rekreasi memastikan berminat menjalin kerja sama dengan BPW di Bali di antaranya Taman Mini Indonasia Indah (TMII), Caping Gunung, Sasana Kriya, sejumlah desa wisata, snow bay, kereta gantung, Taman Legenda, Keong Mas, Taman Impian Jaya Ancol, Taman Bunga Nusantara, Taman Safari, Pulau Lembong Belitung dll.

"Acara ini sangat efektif bagi anggota Putri, mereka bisa membuat kerja sama dan perencanaan paket wisata ke depan yang lebih terpadu," ujarnya.

Acara tahunan yang kedua ini diharaokan pula memperkuat eksistensi pengusaha wisata rekreasi serta Putri, secara kelembagaan. Ia menambahkan berbagai kegiatan dan kerja serupa yang dilaksanakan akan membuat Putri semakin besar dan dewasa.

Tag : pariwisata, biro perjalanan wisata
Editor : Saeno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top