Indonesia Masuk 10 Besar Negara Layak Dikunjungi versi Lonely Planet

Lonely Planet, penerbit buku panduan wisata di seluruh dunia, kembali merilis daftar Best in Travel tahunan mereka. Indonesia pun masuk sebagai salah satu negara yang direkomendasikan.
Annisa Margrit | 25 Oktober 2018 13:10 WIB
Sejumlah wanita Hindu menyiapkan sesajen saat persembahyangan Hari Raya Galungan di Pura Dalem Kengetan, Ubud, Bali, Rabu (5/4). - Antara/Nyoman Budhiana

Bisnis.com, JAKARTA – Lonely Planet, penerbit buku panduan wisata di seluruh dunia, kembali merilis daftar Best in Travel tahunan mereka. Indonesia pun masuk sebagai salah satu negara yang direkomendasikan.

Dalam Best in Travel 2019 yang baru saja dirilis, Lonely Planet memasukkan 10 negara dalam daftar negara yang mesti dikunjungi tahun depan. Indonesia berada dalam posisi ketujuh.

Wilayah yang sangat luas dan bentang alam yang beragam menjadi alasan utama Lonely Planet memasukkan Indonesia dalam rekomendasi mereka. Pengunjung disebut bisa menikmati berbagai budaya yang berbeda di tiap pulau, termasuk di sisi kuliner.

Candi Borobudur./Antara

“Berkat investasi yang besar di koneksi udara, darat, dan laut, plus kebijakan bebas visa untuk warga negara dari 169 negara, sangat mudah untuk mengunjungi dan mengeksplorasi negara tropis ini,” demikian tulis Lonely Planet dalam laman resminya seperti dikutip Bisnis, Kamis (25/10/2018).

Meski dalam beberapa bulan terakhir terjadi bencana alam, tapi sebagian besar wilayah Indonesia relatif aman dikunjungi.

Beberapa destinasi wisata yang direkomendasikan di Indonesia adalah Taman Nasional Komodo di Nusa Tenggara Timur (NTT), Gili di Nusa Tenggara Barat (NTB), Ubud di Bali, Tana Toraja di Sulawesi Selatan (Sulsel), Candi Borobudur di Jawa Tengah (Jateng), Raja Ampat di Papua Barat, dan Taman Nasional Lore Lindu di Sulawesi Tengah (Sulteng).

Raja Ampat./Antara

Secara keseluruhan, ada empat negara Asia yang terpilih, sekaligus mendominasi daftar tersebut.

Berikut 10 negara yang direkomendasikan Lonely Planet dalam Best in Travel 2019:

1. Sri Lanka, Asia Selatan
2. Jerman, Eropa Barat
3. Zimbabwe, Afrika Selatan
4. Panama, Amerika Tengah
5. Kirgizstan, Asia Tengah
6. Yordania, Asia Barat
7. Indonesia, Asia Tenggara
8. Belarus, Eropa Timur
9. Sao Tome & Principe, Afrika Tengah
10. Belize, Amerika Tengah

Tag : pariwisata
Editor : Annisa Margrit

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top