Lumpia/wikipedia
Kuliner

Mencicipi Lumpia Gang Lombok Khas Semarang

Gloria Fransisca Katharina Lawi
Sabtu, 20 Oktober 2018 - 01:48
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Ketika Anda berkesempatan berwisata ke Semarang, ada satu destinasi kuliner wajib coba yakni Lumpia Gang Lombok di kawasan Pecinan, Semarang.

Berdasarkan pantauan Bisnis.com, Lumpia Semarang di Gang Lombok ini sudah tutup mulai jam 16.00 WIB. Alasannya sederhana saja, lumpia yang dijual sudah habis. Jadi, Anda tentu bisa membayangkan seperti apa laris manisnya lumpia satu ini.

Lumpia di Gang Lombok disebut sebagai lumpia Semarang pertama. Ada pun pengelola saat ini penerus generasi ketiga dari Siem Swie Kiem. Keluarga inilah yang dikenal sebagai pelopor lumpia Semarang. Lokasi Lumpia Gang Lombok ini persis bersebelahan dengan klenteng tua berusia 2,5 abad yakni Klenteng Tay Kak Sie.

Ketika hendak memesan, Bisnis.com ditawari lumpia yang tersisa yakni lumpia basah. Pasalnya, masih ada satu lagi lumpia yang sangat laku dan sudah habis, yakni lumpia goreng. Kedua makanan ini sama-sama disajikan dengan selada dan saus khas Semarang yang kental, dengan daun bawang yang segar.

Lumpia basah dengan isian rebung, udang, pihi, dan orak-arik telur ini dibungkus kulit lumpia yang kenyal tanpa digoreng. Ukuran Lumpia Gang Lombok ini bisa dibilang cukup besar dibandingkan lumpia pada umumnya.

Meskipun begitu ukuran ini juga sesuai dengan satuan harga yang diberikan untuk satu lumpia saja seharga Rp15,000. Jadi, untuk dua lumpia saja Anda harus menggelontorkan Rp30,000.

Lumpia Gang Lombok disajikan dengan cabe rawit, dan juga daun bawang untuk menambang rasa pedas sesuai keinginan. Cocolan saus dibuat dari tepung maizena, kecap, dan bawang putih. Alhasil, cita rasa yang diberikan sangat unik di lidah, karena saus yang tidak manis ataupun terlalu asin.

Lumpia ini juga tidak memiliki aroma rebung yang pesing dan langu. Hal ini dikarenakan proses pencucian rebung dilakukan berulang kami guna menghilangkan bau amis rebung.

Akibatnya banyaknya pelanggan ataupun pelancong yang memburu lumpia ini, pengelola mulai memberikan kesempatan untuk bisa dibawa pulang. Apalagi, lokasi warung lumpia ini tidak terlalu besar untuk menampung ramainya pembeli lumpia setiap hari.

Jika Anda tertarik mencobanya, catat alamatnya di Jalan Gang Lombok Nomor 11, Purwodinatan, Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah. Pastikan Anda bisa datang di atas jam 16.00 WIB ya, supaya tidak kehabisan. Selamat mencoba.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro