Begini Cara Membuat Masakan Kakiage Soba

Begini Cara Membuat Masakan Kakiage Soba
Eva Rianti | 24 September 2018 20:25 WIB
Kakiage Soba - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Apakah Anda pernah mencicipi Kakiage Soba? Makanan berupa mi berkuah asal Jepang ini cukup cocok untuk lidah orang Indonesia. Anda bisa mendapatkannya di berbagai restoran Jepang atau bisa juga membuatnya sendiri di rumah. 

Kakiage adalah salah satu jenis tempura yang terbuat dari sayuran yang dipotong halus dan dibuat dengan adonan tempura yang renyah dan disantap dengan taburan garam yang kaya dengan umami sebagai pelengkapnya.

Sementara soba adalah jenis mi Jepang yang dibuat dari tepung gandum kuda.

Chef of Amabassador of the Mission of Japan to Asean Masato Tsuki memberikan resep Kakiage Soba yang barangkali bisa menjadi referensi bagi Anda untuk mempraktikkannya.  

Bahan-bahan:

Soba kering

Udang

Cumi

Bawang Bombay

Ubi

Wortel

Jamur Shiitake

Sup untuk soba (dijual di supermarket dalam bentuk siap pakai)

Gobo

Daun mitsuba

Jahe

Tepung terigu

Minyak goreng

Cara membuat:

  1. -Udang

Kupas kulit udang dan bersihkan bagian punggugnya. Potong memanjang 1 cm. cuci udang dengan air garam dan keringkan dengan kertas tisu.

-Cumi

Bersihkan cumi, kupas kulitnya, dan potong seukuran 1x3 cm.

-Sayuran (bawang bombay, ubi, wortel, jamur shiitake, gobo, daun mitsuba)

Cuci gobo dan ubi sampai bersih, iris semua sayuran sepanjang 3 cm, kecuali daun mitsuba dan jahe. Potong daun mitsuba sepanjang 2 cm dan iris jahe tipis dan pendek.

2. Campur semua bahan yang telah dipotong dengan tepung terigu kemudian aduk rata. Tambahkan takaran yang tertulis pada kemasan. Perbandingan takaran tepung terigu dan air dapat berbeda tergantung dari produk yang digunakan.

3. Panaskan minyak goreng sampai 170o celcius. Masukkan satu centong adonan ke dalam minyak, goreng selama 30 detik. Balik dan goreng sisi lainnya selama 1—1,5 menit. Angkat dan tiriskan.

4. Masukkan soba ke air mendidih dan rebus sesuai panduan yang tertulis pada kemasan. Sesekali aduk perlahan agar soba tidak saling menempel. Setelah matang, angkat, tiriskan, dan bilas dengan air dingin untuk menghilangkan sisa-sisa pati pada soba.

5. Tuang sup soba ke dalam panci. Tambahkan air sesuai takaran yang tertulis pada kemasan kemudian panaskan sampai hampir mendidih.

6. Untuk menyajikan soba panas, tuang air panas untuk menghangatkan soba lalu tiriskan. Masukkkan soba ke mangkuk kemudian tuang supnya. Taruh kakiage di atas soba. Tambahkan topping sesuai selera, seperti taburkan daun bawang, cabai bubuk, telur, tempura, atau bakwan jagung.

Begitulah resep dan cara membuat Kakiage Soba. Selamat mencoba dan menikmatinya!  

Tag : masakan jepang
Editor : Martin Sihombing

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top