Wisata Kuliner, Tren Turisme Baru

Lewat makanan, para travelers akan mendapatkan pengetahuan dan pengalaman budaya yang unik dari tempat yang mereka datangi.
Eva Rianti | 18 September 2018 00:36 WIB
Founder Pelangi Benua Beby Vinny Mulyadi (paling kiri) dalam acara The Rise of Food Tourism di Almond Zucchini, Jakarta, Senin (17/9 - 2018)

Bisnis.com, JAKARTA – Tren wisata telah mengalami perubahan seiring dengan perkembangan teknologi dan perubahan pola pikir masyarakat.

Founder penyedia jasa perjalanan wisata Pelangi Benua Beby Vinny Mulyadi mengungkapkan tiga hal dari adanya tren turisme baru yang menggambarkan bahwa kuliner menjadi tren wisata yang sangat patut untuk disoroti.

“Pertama, sejumlah studi menunjukkan bahwa generasi milenial ke depan akan mendominasi populasi travelers, mereka menjadi penentu dari trend,” ujarnya ketika ditemui Bisnis di acara “The Rise of Food Tourism” di Jakarta, Senin (17/9/2018).

Beby menjelaskan bahwa generasi milenial adalah generasi yang menyukai tantangan dan eksplorasi yang lebih jauh tentang suatu makanan, Generasi ini akan merencanakan sebuah perjalanan yang dapat mencakup petualangan tentang kuliner.

Kedua, didukung oleh survei yang dilakukan oleh UNWTO terhadap sejumlah responden yang menunjukkan bahwa 87% dari total responden mengakui bahwa kuliner merupakan elemen yang penting dalam sebuah perjalanan wisata.

“Ketiga, lewat makanan, para travelers akan mendapatkan pengetahuan dan pengalaman budaya yang unik dari tempat yang mereka datangi,” jelasnya.

Dengan adanya perubahan tren tersebut, Beby berpendapat bahwa kuliner bukan sekedar untuk dimakan saja, namun lebih dalam dan lebih jauh daripada itu melingkup tentang budaya, sejarah, dan cerita unik di baliknya. Konten inilah yang kemudian digunakan oleh para kaum milenial untuk berbagi melalui media sosial.  

Tag : wisata
Editor : Fajar Sidik

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top