Yogyakarta Miliki Destinasi Digital Paling Banyak

Koordinator Generasi Pesona Indonesia, GenPi, Yogyakarta Nunung Elizabeth mengungkapkan bahwa Yogyakarta memiliki delapan target destinasi digital. Angka ini terbanyak dibandingkan dengan daerah-daerah lainnya.
Eva Rianti | 09 September 2018 20:10 WIB
Koordinator Generasi Pesona Indonesia (GenPi) Yogyakarta Nunung Elizabeth (Kanan kedua) dalam Acara talkshow Misi Penjualan Destinasi Pariwisata Prioritas Danau Toba di Hartono Mall Yogyakarta, Minggu (9/9/2018) - Bisnis/Eva Rianti

Bisnis.com, JAKARTA – Koordinator Generasi Pesona Indonesia, GenPi, Yogyakarta Nunung Elizabeth mengungkapkan bahwa Yogyakarta memiliki delapan target destinasi digital. Angka ini terbanyak dibandingkan dengan daerah-daerah lainnya.

 “Pada 2018 ini, Kemenpar punya target sebanyak 100 destinasi digital di Indonesia. Yogyakarta menyumbang paling banyak, yakni sebanyak delapan destinasi digital. Dua destinasi digital sudah resmi diluncurkan, yakni Pasar Kakilangit dan Pasar Ngingrong. Enam lainnya masih embrio,” jelas Elza –nama panggilannya- dalam acara talkshow Misi Penjualan Destinasi Pariwisata Prioritas Danau Toba di Hartono Mall Yogyakarta, Minggu (9/9/2018).

Dia menjelaskan bahwa GenPi merupakan komunitas yang dibentuk Kementerian Pariwisata (Kemenpar) yang diperbantukan untuk mempromosikan berbagai destinasi dan kebijakan dari kementerian melalui kanal media sosial.

Saat ini terdapat 460 anggota yang merupakan para milenial. Mereka tergabung dan bergelut dalam komunitas tersebut.

“Sehari kami bisa membuat trending topic sebanyak lima isu. Sasaran kami adalah wisatawan Nusantara. Kalau wisatawan mancanegara itu dipegang Generasi Wonderful Indonesia [GenWi],” jelasnya.

Elza menjelaskan bahwa jumlah destinasi digital Yogyakarta dilakukan secara kooperatif bersama pihak dinas pariwisata (Dispar) terkait.

“Destinasi digital itu kami bicarakan bersama Dinas Pariwisata Yogyakarta. Dari sisi pembiayaan, Pemda yang punya. GenPi ini porsinya hanya promosi dan pembuatan konten, terutama menyasar para generasi milenial,” tambahnya.

Tag : pariwisata, yogyakarta
Editor : Saeno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top