Bekerja di Dapur, Rekening Terisi, Rumah Tangga pun Teratasi

Kini, dengan kemudahan teknologi, para perempuan tetap bisa mengumpulkan pundi-pundi kekayaan melalui dapur rumahnya.
Nur Faizah Al Bahriyatul Baqiroh | 07 September 2018 14:41 WIB
Kelas memasak kue di Natural Cooking Studio yang didirikan Fatmah Bahalwan sejak 2005. - Bisnis/Nur Faizah

Bisnis.com, JAKARTA - Bekerja sebagai karyawan di gedung-gedung tinggi ibu kota mungkin menjadi impian banyak orang. Gaji lancar dan jenjang karir jelas seringkali membuat kita mau tetap menjalankan rutinitas pergi pagi pulang petang.

Bagi kaum pria, yang memang berkewajiban mencari nafkah bagi keluarga,  mungkin hal itu bukanlah hal yang melelahkan. Namun, bagi kaum perempuan yang sudah menikah dan memiliki anak, terkadang banyak hal yang harus dikorbankan.

Banyak kasus, perempuan yang sudah berkeluarga rela mengorbankan pekerjaan yang sudah dia lakoni demi mengasuh anak di rumah. 

Namun, hal itu tidak menjadi halangan. Kini, dengan kemudahan teknologi, para perempuan tetap bisa mengumpulkan pundi-pundi kekayaan melalui dapur rumahnya.

Aktivitas di Natural Cooking Studio/Bisnis-Nur Faizah

Kini banyak ditemui makanan-makanan rumahan yang dijual secara online melalui media sosial seperti instagram, facebook, blog dan sebagainya.

Lalu bagaimana jika Anda belum lihai memasak? Tenang saja, banyak tempat kursus memasak atau komunitas masak di Indonesia yang dapat Anda datangi dan pelajari resep-resepnya.

Salah satunya adalah National Cooking Club atau yang lebih dikenal dengan sebutan NCC.

NCC didirikan oleh Fatmah Bahalwan pada 2005. Kala itu Fatmah baru saja mengundurkan diri dari posisinya sebagai Sekretaris Komisaris Bank Muamalat.

Fatmah terjun menjadi pebisnis catering dan kue karena terinspirasi tayangan breaking news sebuah televisi swasta.

“Jadi, waktu krisis moneter pada 1998, saya melihat berita itu, ada seorang istri yang diwawancara di samping suaminya yang diberhentikan oleh perusahaan, si istri terlihat meratapi masa depan keluarga jika suaminya sudah tidak memiliki pekerjaan, menurut saya itu salah,” tutur Fatmah kepada Bisnis, Kamis (6/9/2018).

Menurut Fatmah istri dari laki-laki yang kehilangan pekerjaannya itu harus menunjukkan sikap tegar demi menyemangati suaminya. Selain itu, dia kurang setuju dengan kegalauan si perempuan tersebut.

Apalagi Fatmah memiliki keyakinan bahwa Tuhan tidak akan menghentikan rezeki hambanya jika hambanya masih mau berusaha. Bagi Fatmah, seorang perempuan tetap bisa melaksanakan kewajiban sebagai seorang istri dan ibu sekaligus menghasilkan uang untuk keluarganya.

Dari mana? Dapur jawabannya.

Bahkan Fatmah mengatakan pada zaman sekarang tidak hanya perempuan yang dapat menghasilkan uang dari dapur, laki-laki pun bisa. Terbukti, kini banyak laki-laki yang menjadi chef atau berbisnis kuliner.

Awalnya, Fatmah sempat diremehkan saat menyatakan pendapatnya tersebut. Namun, berbekal kelihaiannya memasak dan membuat kue yang dipelajari sejak kecil, Fatmah kemudian mencari tambahan penghasilan dengan menjual kue bolu khas ke teman-teman kantornya.

Terbukti, teman-teman sekantornya suka dengan kue yang dia buat. Dia bahkan sampai mendapatkan pesanan banyak untuk acara rapat kantor.

Akhirnya Fatmah yang sudah sering mengajari cara memasak kue memutuskan untuk mengundurkan diri dan sepenuhnya fokus pada NCC.

Kini, dalam kurun waktu 13 tahun, NCC yang didirikan sejak 2005 sudah memiliki 150.000 anggota. Angka itu berkembang pesat dibandingkan masa awal berdiri yang hanya memiliki 4 orang anggota.

Kegiatan membuat kue di Natural Cooking Studio/Bisnis-Nur Faizah

Markas NCC terletak di Jalan Matraman Dalam III No. 11, RT.09 / RW.07, Pegangsaan, Menteng, RT.9/RW.7, Jakarta Pusat. NCC kini hampir tidak pernah sepi dari orang-orang yang belajar memasak atau membuat kue dari Fatmah.

Fatmah mematok harga kursus yang tidak terlalu mahal, harganya mulai dari Rp350.000 sampai Rp3,5 juta. Semua bahan untuk membuat makanan sudah disediakan. Kelasnya berjalan setiap hari mulai pukul 10.00 WIB sampai selesai.

Tag : kuliner, memasak
Editor : Saeno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top