Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Asyik, Peraih Medali Emas Asian Games 2018 Bisa Liburan Gratis ke Banyuwangi

Para pelaku usaha pariwisata Banyuwangi bersama pemerintah daerah setempat menyiapkan hadiah liburan gratis selama empat hari untuk para atlet Indonesia peraih medali emas di Asian Games 2018.
Panorama kawah Ijen di Banyuwangi, Jawa Timur, Minggu (16/4)./Antara-Budi Candra Setya
Panorama kawah Ijen di Banyuwangi, Jawa Timur, Minggu (16/4)./Antara-Budi Candra Setya

Bisnis.com, BANYUWANGI - Para pelaku usaha pariwisata Banyuwangi bersama pemerintah daerah setempat menyiapkan hadiah liburan gratis selama empat hari untuk para atlet Indonesia peraih medali emas di Asian Games 2018.

Sejumlah hotel dan resor yang menarik tengah disiapkan buat para atlet peraih medali emas tersebut.

Selain wujud apresiasi kepada para atlet peraih medali emas Asian Games, hal itu juga diharapkan menjadi strategi promosi yang efektif bagi Banyuwangi.

“Akan ada sejumlah hotel serta resor indah dan unik yang bisa ditempati para atlet, mulai dari yang ada di bibir pantai, perkebunan kakao sebagai bahan baku cokelat, sampai di kaki gunung. Total ada enam hotel dan resor yang disiapkan,” ujar Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas, Selasa (4/9/2018).

Hotel dan resor di bibir pantai menghadap keindahan Selat Bali di antaranya adalah satu hotel bintang empat terbaru milik jaringan hotel nasional yang dikenal memiliki resor, serta hotel menawan di Ubud, Bali.

Di hotel yang terletak di kawasan Kalipuro, Banyuwangi, ini, para atlet bisa memanjakan diri dengan pemandangan eksotik Selat Bali.

“Berenang sambil menikmati sunrise atau sunset di Selat Bali tentu sangat menyegarkan pikiran dan badan para atlet setelah berjuang di Asian Games. Apalagi ada fitness center lengkap untuk menjaga kondisi tubuh,” ujar Kepala Dinas Pariwisata Banyuwangi, MY Bramuda.

Selain itu, ada resor unik dengan hamparan taman kelapa dan rumput hijau yang mengusung rumah-rumah khas Suku Using, masyarakat asli Banyuwangi. Suasananya sangat pribadi (private).

“Semua ornamen bangunannya tradisional, tapi fasilitasnya standar bintang lima. Resor ini pernah ditempati ketua DPR dan menteri-menteri,” ujar Bramuda.

Untuk di kaki gunung, terdapat sejumlah resor dengan pemandangan persawahan dan Gunung Ijen. Tepat di depan kamar langsung terhampar hamparan sawah berwujud terasering. Di salah satu resor yang terletak di kaki Gunung Ijen juga terdapat galeri seni lengkap yang sangat eksotis.

“Di sana sunyi dan indah. Itu langganan turis Eropa,” ujar Bramuda.

Liburan gratis empat hari itu bakal diisi dengan menikmati fenomena api biru (blue flame) yang mendunia di Kawah Ijen, G-Land dengan ombak selancar terbaik

“Selain itu, tentu ada kuliner yang enak, termasuk pecel pitik yang kerap disajikan saat acara adat Suku Osing,” ujar Anas.

Apresiasi liburan gratis itu merupakan bagian dari strategi promosi pariwisata yang didukung pelaku pariwisata tanpa APBD.

“Atlet-atlet itu merupakan endorser yang luar biasa. Kalau mereka berlibur di Kawah Ijen atau bersantai di resor tepi pantai di Banyuwangi, lalu upload di media sosialnya yang punya follower segudang, itu promosi efektif bagi Banyuwangi,” papar Anas.

Para atlet peraih medali emas Asian Games yang ingin berlibur ke Banyuwangi, dipersilakan berkorespondensi melalui email: [email protected]. Para pahlawan bangsa di bidang olahraga itu bisa berlibur bersama keluarga dan orang tercinta.

“Kami persilakan atlet-atlet tersebut membawa satu orang untuk diajak berlibur ke Banyuwangi,” kata Bramuda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : JIBI
Editor : Nancy Junita
Sumber : Tempo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler