Serunya Festival Lempar Tomat di Spanyol

Ribuan orang bersuka ria melemparkan sekitar 145 ton tomat satu sama lain di Kota Bunol, Spanyol Timur. Masyarakat di sana merayakan festival tahunan Tomatina.
Rayful Mudassir | 30 Agustus 2018 13:23 WIB
La Tomatina festival atau perang tomat menjadi atraksi wisata unik di perkampungan Bunol, kawasan mediterania dekat Valencia, Spanyol 29 Agustus 2012 - Reuters/Heino Kalis

Bisnis.com, JAKARTA - Ribuan orang yang bersuka ria melemparkan sekitar 145 ton tomat satu sama lain di Kota Bunol, Spanyol Timur. Mereka sedang merayakan festival tahunan Tomatina.

Bunyi ledakan kembang api menandai dimulainya pertarungan makanan besar-besaran pada pukul 11 pagi selama satu jam. Pesta itu berlangsung pada Rabu (29/8/2018) waktu setempat. 

Perang tomat yang penuh kehebohan itu rutin diadakan setiap Rabu terakhir bulan Agustus.

“Enam truk yang penuh dengan tomat matang melaju melalui jalan utama kota kecil itu. Truk tersebut menyediakan ‘amunisi’ bagi para penonton festival,” tulis laporan yang dilansir Reuter, Kamis (30/8/2018).

Ribuan peserta sebagian memakai kacamata hitam atau kacamata pelindung agar mata mereka terlindungi saat aksi saling lempar tomat dilakukan. Mereka juga saling menutupi wajah dengan tangan  sebagai pelindung agar terhindar dari bubur tomat tersebut.

Perang tomat di Bunol, Spanyol tahun ini berlangsung pada 29 Agustus 2018./Reuters-Heino Kalis

Tomatina berasal dari sebuah kerusuhan spontan di antara penduduk desa pada tahun 1945. Setelah itu, Tomatina dilarang untuk sementara waktu selama tahun 1950 di puncak kediktatoran Jenderal Francisco Franco.

Akan tetapi, Rabu waktu setempat,  Tomatina kembali menarik kerumunan besar penduduk setempat serta wisatawan asing untuk mengikuti festival tersebut.

Sumber : Reuters

Tag : pariwisata, spanyol
Editor : Saeno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top