La Tomatina festival atau perang tomat menjadi atraksi wisata unik di perkampungan Bunol, kawasan mediterania dekat Valencia, Spanyol 29 Agustus 2012/Reuters-Heino Kalis
Travel

Serunya Festival Lempar Tomat di Spanyol

Rayful Mudassir
Kamis, 30 Agustus 2018 - 13:23
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Ribuan orang yang bersuka ria melemparkan sekitar 145 ton tomat satu sama lain di Kota Bunol, Spanyol Timur. Mereka sedang merayakan festival tahunan Tomatina.

Bunyi ledakan kembang api menandai dimulainya pertarungan makanan besar-besaran pada pukul 11 pagi selama satu jam. Pesta itu berlangsung pada Rabu (29/8/2018) waktu setempat. 

Perang tomat yang penuh kehebohan itu rutin diadakan setiap Rabu terakhir bulan Agustus.

“Enam truk yang penuh dengan tomat matang melaju melalui jalan utama kota kecil itu. Truk tersebut menyediakan ‘amunisi’ bagi para penonton festival,” tulis laporan yang dilansir Reuter, Kamis (30/8/2018).

Ribuan peserta sebagian memakai kacamata hitam atau kacamata pelindung agar mata mereka terlindungi saat aksi saling lempar tomat dilakukan. Mereka juga saling menutupi wajah dengan tangan  sebagai pelindung agar terhindar dari bubur tomat tersebut.

Serunya Festival Lempar Tomat di Spanyol

Perang tomat di Bunol, Spanyol tahun ini berlangsung pada 29 Agustus 2018./Reuters-Heino Kalis

Tomatina berasal dari sebuah kerusuhan spontan di antara penduduk desa pada tahun 1945. Setelah itu, Tomatina dilarang untuk sementara waktu selama tahun 1950 di puncak kediktatoran Jenderal Francisco Franco.

Akan tetapi, Rabu waktu setempat,  Tomatina kembali menarik kerumunan besar penduduk setempat serta wisatawan asing untuk mengikuti festival tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Rayful Mudassir
Editor : Saeno
Sumber : Reuters
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro