Negara Ini Bagus Banget, Jangan Sampai Kalah dengan Turis Asing

Kini liburan bukan hanya menjadi hobi. Ada beberapa orang yang nemanfaatkan hobi sebagai lahan untuk mencari uang. Mereka yang menyukai petualangan dan tantangan tentu akan nyaman dengan pekerjaan satu ini, yakni travel bloger.
Asteria Desi Kartika Sari | 23 Agustus 2018 17:13 WIB
Ilustrasi Wisatawan mengunjungi Candi Borobudur, di Magelang, Jawa Tengah, Rabu (20/6/2018). - JIBI/Nurul Hidayat

Bisnis.com, JAKARTA - Kini liburan bukan hanya menjadi hobi. Ada beberapa orang yang nemanfaatkan hobi sebagai lahan untuk mencari uang. Mereka yang menyukai petualangan dan tantangan tentu akan nyaman dengan pekerjaan satu ini, yakni travel bloger.

Salah satu travel bloger, Kadek Arini menceritakan, dengan munculnya media sosial yang sangat pesat, selain mempermudah menyebarkan informasi,  bisa juga menjadi tantangan.

"Pada awalnya, aku gampang banget share apa pun di Instagram. Ya, tentunya dengan konten yang berkualitas. Tapi, makin ke sini makin susah saja, salah satu alasannya karena adanya profesional fotographer yang juga punya Instagram. Kalah lah foto kita dengan mereka," kata Kadek ditemui di kawasan Kuningan, Kamis (23/8/2018).

Kadek bercerita, memulai berpetualang sejak dirinya kuliah di Yogyakarta. Misalnya Candi Mendut, Pantai Timang, dan Candi Borobudur adalah lokasi awal penjelajahannya.

Mulai dari situ, dirimya tergugah untuk menjadi travel bloger. Pasalnya, tak semua orang dapat menjalani kehidupan untuk pergi jalan-jalan.

"Aku mikir tidak semua orang bisa lakuin jalan-jalan. Tidak semua orang punya kesempatan. Makanya, aku mau share dari apa yang aku alami. Siapa tahu ada orang yang yang baca cerita aku," katanya.

Dia mengatakan, tantangan yang dialami seorang travel bloger adalah membuat konten yang lebih profesional. Menurutnya, seorang travel bloger harus memiliki komitmen yang jelas untuk mau menghasilakan konten cerita dan foto yang lebih menarik.

"Tidak bisa dibohongi, visual plays the big role. Kalian kalau mau tahu, makin banyak travel bloger turis yang ke Indonesia, mereka yang mengiklankan Indonesia. Masak kita kalah dengan mereka," jelasnya.

Kadek mengatakan, kita sebagai bangsa Indonesia seharunya mencintai negara ini. Menurutnya masih banyak destinasi wisata yang ada di Indonesia.

"Negara ini [Indonesia]itu bagus banget! Adat istiadatnya bagus, under waternya luar biasa. Jangan sampai keindahan itu yang merasakan orang luar negeri duluan. Kita yang harusnya posting tentang kekayaan Indonesia dan dari kita para turis tahu tempat tersebut," katanya.

Tag : wisata
Editor : Bambang Supriyanto

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top