LAPORAN DARI JEPANG (5) : Festival Indonesia di Tokyo Sajikan Seni Tradisional hingga Musik Pop

Setelah Festival Indonesia di Tokyo ini, peringatan persahabatan Indonesia-Jepang akan dilanjutkan ke beberapa kota di Jepang, yakni di Tokyo, Osaka, Fukuoka, Nagoya, Hiroshima, dan Hokkaido.
Fatkhul Maskur | 28 Juli 2018 22:00 WIB
Festival Indonesia di Hibiya Park, Tokyo, Sabtu-Minggu (28-29/7/2018). - Bisnis.com/Fatkhul Maskur

Hubungan diplomatik Indonesia-Jepang telah berlangsung selama 6 dasawarsa. Tahun ini, persahabatan kedua negara diperingati dengan berbagai kegiatan, termasuk Festival Indonesia yang digelar di Hibiya Park, Tokyo, 28—29 Juli 2018. Dalam rangka peringatan 60 tahun persahabatan itu, saya dan beberapa jurnalis dari Indonesia berkunjung ke Tokyo atas undangan PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia—pabrikan mobil yang 95% sahamnya dimiliki oleh Toyota Motor Corporation (TMC).

Berikut Laporannya:

Festival Indonesia di Hibiya Park akan dikemas dalam bentuk pagelaran budaya yang melibatkan kedua negara. Festival ini juga dirangkai dengan pameran produk-produk kerajinan tangan asal Indonesia.

Festival Indonesia di Hibiya Park adalah rangkaian kegiatan yang sebelumnya dilakukan oleh kedutaan besar kedua negara. Di awali dari Jakarta (19 Januari), perayaan dilanjutkan di Medan dan Surabaya (23 Januari), Bali (26 Januari), dan Makassar (11 Februari 2018).

Setelah Festival Indonesia di Tokyo ini, peringatan persahabatan Indonesia-Jepang akan dilanjutkan ke beberapa kota di Jepang, yakni di Tokyo, Osaka, Fukuoka, Nagoya, Hiroshima, dan Hokkaido.

Festival Indonesia di Tokyo secara resmi akan dibuka besok, Minggu (29/7/2018). Namun, sejak hari ini warga masyarakat sudah bisa melihat-lihat pameran produk yang disajikan melalui 150-an stan peserta pameran, maupun pertunjukan seni dan budaya yang dilakukan secara spontanitas peserta.

Adapun pagelaran secara resmi baru di panggung utama baru akan dimulai setelah Festival Indonesia dibuka esok hari. Sejumlah pejabat dan mantan kedua pejabat dari kedua negara dijadwalkan hadir, termasuk dari kalangan tokoh dunia usaha.

Beberapa pejabat yang dijadwalkan hadir di antaranya Puan Maharani, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan; Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga, Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah; Arifin Tasrif  Duta Besar Indonesia untuk Jepang; Rachmat Gobel, Utusan Khusus Presiden untuk Jepang; dan pejabat Kedubes Jepang untuk Indonesia.

Adapun mantan pejabat yang hadir di antaranya Megawati Soekarno Putri, Presiden Kelima Republik Indonesia, dan Yasuo Fukuda , mantan Perdana Menteri Jepang. Di samping itu, hadir pula Warih Andang Tjahjono , Presiden Direktur PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia .

SUGUHAN FESTIVAL

Festival Indonesia akan dihadirkan dalam wujud pertunjukan budaya dalam panggung utama, mulai dari kesenian tradisional hingga musik pop.

Penampilan seni musik tradisional Angklung dirancang menjadi suguhan pertama Festival Indonesia. Unjuk kesenian ini akan dibawakan oleh kelompok orchestra Kedubes dan grup West Java + Ica Zahra Bamboo.

Selain Angklung, musik tradisional dari Jakarta juga dihadirkan lewat penampilan Keroncong Tugu. Sederet tarian tradisional juga dihadirkan, seperti Tari Gondang (Asahan), Tari Papua (Papua) , Tari Bali (Bali), hingga Tari Saman (Aceh).

Sejumlah penyanyi dari kedua negara juga dijadwalkan turut meraimakan panggung, seperti Hiroaki Kato,Yoshiko Hanzaki, dan Nisa DA3, ditambah meriah dengan kehadiran DJ Al & Dantz  dan band Duo Maia. Namun, beberapa di antara mereka dikabarkan urung tampil.

Sembari menikmati suguhan seni dan pagelaran budaya, festival ini juga menghadirkan sejumlah anjungan untuk menjelaskan Indonesia dan Jepang dari berbagai sudut pandang. Salah satunya adalah anjungan Toyota berkonsep Rumah Adat Karawang.

Yuk, saksikan.. (*)

Tag : Festival Indonesia di Tokyo
Editor : Fatkhul Maskur

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top