5 Tips Membuat Perjalanan Bisnis Menjadi Lebih Efektif

Melakukan perjalanan ke luar kota atau negeri tak hanya dilakukan untuk tujuan liburan saja. Sebagai pebisnis atau eksekutif, melakukan perjalanan ke luar kota atau negeri ini bisa menjadi jadwal rutin setiap minggunya.
MediaDigital | 27 Juli 2018 13:00 WIB

Melakukan perjalanan ke luar kota atau negeri tak hanya dilakukan untuk tujuan liburan saja. Sebagai pebisnis atau eksekutif, melakukan perjalanan ke luar kota atau negeri ini bisa menjadi jadwal rutin setiap minggunya.

Saat melakukan perjalanan bisnis ini, biasanya mereka dihadapkan dengan jadwal yang sangat padat. Mulai dari meeting, membuat laporan, sampai harus mengurus pekerjaan yang ditinggal di kantor dengan sistem remote working. Mengingat jadwal yang cukup padat ini, Anda perlu melakukan langkah-langkah khusus agar perjalanan bisnis dapat menjadi lebih efektif dengan hasil yang maksimal. Berikut ini adalah hal-hal yang harus Anda perhatikan.

1. Buatlah checklist

Saat bekerja di luar kantor, pastikan Anda tidak kelupaan membawa dokumen-dokumen atau perlengkapan penting lainnya yang berkaitan dengan urusan pekerjaan. Salah satu hal sepele tapi bisa membuat perjalanan bisnis Anda berantakan adalah ketinggalan pengisi daya laptop.

Solusi dari permasalahan ini adalah dengan membuat checklist  barang-barang apa saja yang perlu dibawa untuk urusan pekerjaan nanti di luar kota/negeri. Mulailah dari perlengkapan pribadi terlebih dahulu, baru setelah itu urusan dokumen-dokumen penting yang harus dibawa.

2. Gunakan tas yang ringkas

Durasi perjalanan bisnis memang menentukan seperti apa tas yang harus Anda siapkan. Namun, seberapa lama pun perjalanan, usahakan selalu menggunakan tas yang ringkas. Pilihlah tas yang sekiranya masih bisa dimasukkan ke dalam bagasi kabin sehingga Anda tidak perlu menunggu di antrean bagasi saat tiba di kota tujuan.

Pemilihan tas yang ringkas ini juga dapat membuat Anda lebih dinamis dalam hal mobilisasi. Saat melakukan perjalanan bisnis, terkadang Anda diharuskan pindah dari satu hotel ke hotel lainnya. Penggunaan tas yang ringkas dapat memudahkan Anda dalam melakukan mobilitas seperti ini.

3. Persiapkan diri untuk hal yang tak terduga

Dalam melakukan perjalanan bisnis seringkali Anda akan dihadapkan pada hal yang tak terduga. Misalnya, jadwal meeting harus diundur atau bahkan dimajukan. Belum lagi ternyata Anda harus lebih lama berada di sebuah kota karena ada pekerjaan tambahan yang harus dilakukan di sana.

Untuk mengantisipasi hal ini, sebaiknya Anda menggunakan tiket pesawat dengan fleksibilitas tinggi seperti yang terdapat di Traveloka. Tiket Fleksibilitas Tinggi dapat memudahkan Anda melakukan penjadwalan ulang penerbangan tanpa terkena biaya (tergantung kebijakan masing-masing maskapai) hingga melakukan refund tiket dengan denda yang rendah.

Anda pun dapat lebih fokus sama pekerjaan tanpa harus khawatir untuk urusan tiket pergi atau pulang dari kota semula.

4. Buat daftar agenda kerja

Agar pekerjaan Anda dapat terselesaikan dengan baik dan tepat waktu saat melakukan perjalanan bisnis, buatlah daftar agenda kerja saat berada di sana. Mulailah dari waktu kedatangan di kota tujuan. Buatlah daftar meeting yang harus dilakukan, pekerjaan apa saja yang harus ditindaklanjuti lebih dahulu, siapa saja orang yang harus dihubungi, hal-hal apa saja yang Anda butuhkan dari perjalanan bisnis kali ini untuk membuat laporan perjalanan, dan hal lainnya yang berhubungan dengan pekerjaan.

Hal ini perlu dilakukan agar terciptanya waktu yang efektif untuk melakukan pekerjaan. Jadwal yang tersusun dengan rapi juga memungkinkan Anda bekerja lebih efisien karena tahu apa yang harus dilakukan terlebih dahulu.

5. Selalu jaga kesehatan

Melakukan perjalanan ke luar kota atau negeri bisa saja membuat kondisi tubuh Anda menurun, apalagi perjalanan ini cukup sering dilakukan, misalnya tiga sampai empat kali dalam sebulan. Kondisi tubuh yang menurun jelas akan mengganggu Anda dalam menyelesaikan pekerjaan dengan efektif.

Oleh karena itu, Anda harus selalu menjaga kesehatan saat melakukan perjalanan bisnis ini. Selipkan jadwal makan siang di tengah-tengah kepadatan bekerja atau mengonsumsi suplemen vitamin setelah sarapan di pagi hari.

Efektivitas saat melakukan perjalanan bisnis sangatlah penting karena selain dapat membuat Anda lebih teratur dalam bekerja, juga dapat membuat Anda lebih cermat dalam menyelesaikan pekerjaan tepat pada waktunya.

 

Tag : Traveloka
Editor : MediaDigital

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top