Ilustrasi/indonesia.travel
Travel

Sales Mission Wonderful Indonesia Hasilkan Potensi Transaksi Rp118,9 Miliar

Yanita Petriella
Sabtu, 21 Juli 2018 - 22:05
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Rangkaian Sales Mission Wonderful Indonesia di Perth menghasilkan potensi transaksi senilai Rp118,9 miliar.

Sales Mission yang dilaksanakan di Royal Perth Golf Club pada 16 Juli 2018 ini diikuti 72 buyers dari Australia dan New Zealand.

Deputi Pengembangan Pemasaran I Kemenpar I Gde Pitana mengatakan program ini merupakan bentuk sinergi dengan Badan Promosi Pariwisata Badung dan Dinas Pariwisata Kabupaten Badung.

"Australia and New Zealand Sales Mission 2018 ‘Bali and Beyond di Perth merupakan bagian dari sales mission di tiga kota, dua kota lainnya adalah Auckland dan Sydney. Kegiatan ini mendapat respons positif dari para buyers Australia," ujarnya dalam siaran resmi, Sabtu (21/7/2018).

Pitana berharap tingginya potensi transaksi ini akan ikut membantu mengejar target 20 juta wisman di tahun 2019, khususnya untuk wisatawan mancanegara (wisman) dari Australia dan New Zealand.

"Australia merupakan salah satu pangsa pasar potensial wisman ke Indonesia. Terlebih lagi industri pariwisata yang kita boyong kemarin berasal dari Bali dan Lombok yang merupakan tujuan utama wisman Australia," katanya.

Tahun ini, Kemenpar menargetkan 17 juta wisman masuk ke Indonesia. Dari jumlah itu, wisman Australia ditargetkan berkunjung sebanyak 1,35 juta orang. Angka tersebut naik sekitar 200.000 dibanding tahun lalu yang berada di kisaran 1,18 juta wisman. Selain respons pasar yang bagus, Australia juga memiliki spending rata-rata yang besar, mencapai US$1.189.

Menteri Pariwisata Arief Yahya menuturkan tahun 2018 ini memang fokus untuk selling seperti sales mission ini.

Sales Mission ini sangat ideal karena menyiapkan kesempatan untuk berinteraksi, saling bertukar pertanyaan. Serta bisa berinteraksi hangat dengan perwakilan dari pelaku pariwisata dan industri di sana. Sehingga kesempatan menjual sekaligus mempromosikan destinasi-destinasi ini ke pasar Australia menjadi lebih besar,” ujarnya.

Untuk sales mission kali ini, Kemenpar memboyong 16 industri pariwisata. Rinciannya, 15 industri berasal dari Bali dan 1 mewakili Lombok.

Para buyers yang hadir dihibur tarian tradisional dan mendapat undian untuk mengikuti kuis, mendapatkan door prize, serta grand prize berupa tiket pesawat Garuda Indonesia (pp) dan paket wisata Bali.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Yanita Petriella
Editor : Saeno
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro