Tanah Lot Terapkan Tiket Elektronik Mulai Akhir September

Manajer Daya Tarik Wisata (DTW) Tanah Lot Toya Adnyana mengatakan saat ini pihaknya sudah menyiapkan dua bangunan gerbang pembayaran elektronik. Adapun untuk pengadaan mesin pembayaran elektronik saat ini memasuki proses pelelangan.
Feri Kristianto | 16 Juli 2018 17:55 WIB
Wisatawan sedang mengabadikan Daya Tarik Wisata Tanah Lot, Bali. - Bisnis/Feri Kristianto

Bisnis.com, DENPASAR—Objek Daya Tarik Wisata Tanah Lot diprakirakan mulai akan menerapkan sistem pembayaran tiket masuk elektronik mulai akhir September 2018.

Manajer Daya Tarik Wisata (DTW) Tanah Lot Toya Adnyana mengatakan saat ini pihaknya sudah menyiapkan dua bangunan gerbang pembayaran elektronik. Adapun untuk pengadaan mesin pembayaran elektronik saat ini memasuki proses pelelangan.

“Minggu ketiga September kami perkirakan sudah mulai dapat dioperasikan, kami sekarang sedang menyiapkan segala kebutuhan,” jelasnya saat dihubungi dari Denpasar, Senin (16/7/2018).

Toya meyakini penerapan tiket elektronik akan membuat pembayaran tiket masuk lebih tepat dan transparan. Objek wisata berupa pura di atas tebing di laut ini merupakan salah satu penyumbang PAD terbesar Tabanan.

Pada 2017 lalu, pendapatan kotor objek wisata ini mencapai Rp147,3 miliar dengan total jumlah kunjungan mencapai 3,4 juta orang. Pada tahun ini jumlah kunjungan ditargetkan 3 juta orang. Dia menegaskan penerapan tiket elektronik pertama untuk objek wisata milik pemda di Bali tersebut.

Sebelumnya, Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti mengharapkan e-ticketing di Tabanan selesai pada 21 September mendatang. Dia berharap seluruh proses e-ticketing ini berjalan lancar dan dapat segera diluncurkan pada akhir September.

Eka menjelaskan, penerapan e-ticketing ini sangat penting sebab selain mendukung e-goverment juga sangat bermanfaat karena transparan dan lebih terukur. Hal tersebut juga mendukung Pemkab Tabanan menuju e-government saat semuanya bisa terhubung secara daring.

“Dengan adanya e-ticketing ini menjadi lebih transparan dan tidak adanya kebocoran, lebih teratur, dan juga terukur, sehingga kita bisa mengetahui income kita, yang bisa kita gunakan untuk perencanaan dan program selanjutnya,” jelasnya,  dikutip dari siaran pers.

Pihaknya menambahkan, persiapan MoU dengan beberapa bank juga sudah direncakanan. Sebelumnya Pemkab Tabanan menjalin kerja sama dengan beberapa bank dalam e-parking. Untuk diketahui, e-parking Tabanan sudah diluncurkan pada Juni lalu.

“Untuk e-ticketing, kita juga sedang persiapan Mou dengan beberapa bank. Nantinya tiket bisa dibeli dengan e-money ataupun secara tunai. Sosialisasi sudah kita lakukan dan akan terus kita lakukan,” jelasnya.

Tag : bali, pariwisata, Tanah Lot
Editor : Saeno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top