Ini Tips Membangun Startup Pariwisata

Indonesia masih menyimpan potensi yang besar di sektor pariwisata untuk dikembangkan oleh pelaku usaha.
Reni Lestari | 14 Juli 2018 17:38 WIB

Bisnis.com, JAKARTA - Indonesia masih menyimpan potensi yang besar di sektor pariwisata untuk dikembangkan oleh pelaku usaha.

Salah satu jenis usaha pariwisata yang belum terlalu banyak digarap adalah wisata berbasis local based experience.

Hal ini seperti yang dijalankan oleh Keke Genio, Co-founde Lokapoin Indonesia.

Perusahaan tersebut menawarkan pengalaman tinggal di suatu desa lengkap dengan keterlibatan turis pada aktivitas dan keseharian warga, seperti menanam padi, membuat gula aren, dan sebagainya.

Bagi pelaku usaha di bidang pariwisata yang berniat menekuni jenis wisata seperti itu, Keke memberikan kiat-kiatnya.

Pertama, setelah menemukan destinasi wisata yang tepat untuk dijadikan tempat eksplorasi, cari orang berpengaruh di desa tersebut yang bisa memberikan semua informasi yang dibutuhkan.

"Cari key personnya disitu siapa, lalu approach orang itu, gali informasi, apa sih yang dilakukan mereka sehari-hari," kata Keke di acara kumpul start-up di Segitiga Emas Bussiness Park, Jakarta Selatan, Sabtu (14/7/2018).

Tips kedua, gali sisi hospitality yang uni dan khas dari sebuah desa, sambil juga berupaya untuk mengembangkan kapasitas orang-orangnya.

Keke bercerita pernah bekerjasama dengan pemilik homestay di sebuah desa di Jawa Barat, hingga akhirnya orang tersebut dapat berkomunikasi dengan turis mancanegara dalam bahasa Inggris.

"Hal-hal seperti itu yang harus kita kembangkan, hospitality itu yang banyak tidak dikembangkan sama orang-orang yang menekuni start-up travel," katanya.

Tag : pariwisata, StartUp
Editor : Rustam Agus

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top