Tomohon International Flower Festival Incar 200.000 Pengunjung

Tomohon International Flower Festival Targetkan 200 Ribu PengunjungBisnis.com, JAKARTA Penyelenggaraan Tomohon International Flower Festival (TIFF) yang memasuki tahun ke- yang akan berlangsung di Kota Tomohon pada 7-12 Agustus 2018 menargetkan kunjungan sebanyak 200 ribu pengunjung terdiri atas 20 ribu wisatawan mancanegara (wisman) dan 180 ribu wisatawan nusantara (wisnus).
Deandra Syarizka | 10 Juli 2018 17:21 WIB
Warga menyaksikan parade kendaraan hias pada Tomohon International Flower Festival (TIFF) 2017 di Tomohon, Sulawesi Utara, Selasa (8/8). - ANTARA/Adwit B Pramono

Bisnis.com, JAKARTA —  Penyelenggaraan Tomohon International Flower Festival (TIFF) yang memasuki tahun ke- yang akan berlangsung di Kota Tomohon pada 7-12 Agustus 2018 menargetkan kunjungan sebanyak 200 ribu pengunjung terdiri atas 20 ribu wisatawan mancanegara (wisman) dan 180 ribu wisatawan nusantara (wisnus).

Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya mengatakan, penyelenggaraan event TIFF selain menjadi ajang promosi pariwisata yang efektif juga mendorong peningkatan kunjungan wisatawan ke Tomohon, tahun 2016 sebanyak 26.441 wisman meningkat menjadi 89.736 pada 2017, sedangkan kunjungan wisnus meningkat hingga 455.679 wisnus di 2017.

“Untuk seukuran Kota Tomohon dengan perolehan 90 ribu wisman sangat bagus bila dibandingkan tingkat provinsi di Sumatara hanya sekitar 100 ribu. Juga kunjungan wisnus ke Tomohon sebanyak 500 ribu sangat bagus, dibandingkan destinasi Lombok yang sudah terkenal, misalnya, hanya meraih 1 juta wisnus,” ujar Arief melalui keterangan resminya hari ini Selasa (10/7/2018).

Dia menambahkan, unsur 3A (Atraksi, Amenitas, dan Aksesibilitas) Tomohon tidak ada masalah karena untuk akses mudah ditempuh jalan darat berjarak sekitar 25 km atau sekitar setengah jam dari Kota Manado dan ini tidak ada masalah.

 Sementara itu untuk amenitas, Tomohon yang segera memiliki hotel bintang lima diharapkan banyak membangun homestay. “Homestay sangat cocok untuk mendukung pariwisata Tomohon.”

Walikota Tomohon Jimmy Feidie Eman mengatakan, penyelenggaraan TIFF 2018 menjadi sarana promosi serta meningkatkan ekonomi masyarakat petani dan perajin bunga dalam kegiatan kepariwisataan ecotourism maupun agrotourism.

“Bunga dan tananam hias merupakan bagian dari budaya masyarakat Tomohon dan menjadi daya tarik pariwisata yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” ujarnya.

Festival tahunan TIFF 2018  diikuti sejumlah negara antara lain; Czech Republic, Jepang,  Member of C.A.F.E, dan  Georgia.  Event yang kali ini mengangkat tema ‘Beautiful Tomohon: Sing With Flower’ dimeriahkan dengan serangkaian kegiatan antara lain; Tournament of Flowers (Flower Parade) dan Flower Fashion Carnival yang berlangsung di Jalan Protokol Kota Tomohon  pada 8  Agustus  2018. Selain itu pameran Tourism,  Trade,  Investment  and Floriculture Expo; dan Pagelaran Seni dan Budaya Nusantara yang berlangsung di Panggung  Pameran  Stadion  Babe Palar Tomohon pada 7-12 Agustus 2018.

Tag : pariwisata
Editor : Sutarno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top