Backpacker, Ini Dia Hostel Rp30 Ribu Per Malam di Semarang

Jika anda dan keluarga atau bersama kawan sedang berwisata ke Semarang, Library Caf John Dijkstra di Kota Lama, Semarang menyediakan penginapan murah seharga Rp30 ribu per malam.
Gloria Fransisca Katharina Lawi | 23 Juni 2018 20:12 WIB
Library Caf John Dijkstra - TripAdvisor

Bisnis.com, SEMARANG – Jika Anda dan keluarga atau bersama kawan sedang berwisata ke Semarang, Library Café John Dijkstra di Kota Lama, Semarang menyediakan penginapan seharga Rp30 ribu per malam.

Dinda Wulanhari Suci (29), salah seorang penjaga Library Café John Dijkstra mengatakan kafe ini adalah tempat kumpul sejumlah komunitas. Ada pun pada gedung dengan tiga lantai ini sebelumnya adalah milik nama seorang romo atau pastor Belanda John Dijkstra yang dahulu ikut andil di Semarang untuk membela buruh tani dan orang kecil.

"John Dijkstra itu seorang romo yang membela rakyat kecil, dulu tempat kerjanya di sini," cerita Dinda kepada Bisnis, di Kota Lama (23/8/2018).

Dinda menceritakan, bekas kantor Romo Dijkstra ini kini akhirnya diubah oleh sejumlah aktivis lingkungan dan buruh yang diasuh oleh Romo Dijkstra menjadi Dijkstra Institute di lantai 1, Library and Café di lantai 2, serta penginapan atau hostel di lantai tiga.

Dia menuturkan, di hostel ini hanya dengan menggelontorkan Rp30 ribu, pengunjung memperoleh satu Kasur dan satu bantal. Ada pun di dalam ruangan tersebut disediakan satu unit televisi dan jaringan internet atau WiFi yang berfungsi 24 jam. Ruangan ini juga disediakan kipas angin untuk mengurangi suhu ruangan bagi para penghuni.

“Untuk tempat para tamu dari komunitas yang ingin menginap atau berwisata di Semarang bisa tinggal disini, dan per malamnya Rp 30 ribu, dengan fasilitas kamar mandi di luar, tetapi dengan per orang dapat satu kasur dan satu bantal," ujar Dinda.

Dinda menuturkan, ruangan hostel ini bisa berkapasitas maksimal sampai 30 orang. Berdasarkan pengamatan Bisnis.com, Library Café John Dijkstra juga menyediakan sejumlah kasur lipat sederhana di sudut ruangan. Fungsinya adalah menjadi kasur ekstra bagi pengunjung.

Ada pun konsep hostel ini cocok bagi para traveler dengan bujet yang rendah. Selain itu, konsep hostel sederhana ini sangat memudahkan para penghuni saling bersosialisasi. Meskipun begitu, hostel ini tidak menyediakan sarapan pagi. Library Café John Dijkstra berada di pojok Kota Lama Semarang, tepatnya di sebelah Spiegel Bar & Resto.

 

Tag : traveling
Editor : Martin Sihombing

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top