JELAJAH JAWA BALI 2018: Menjajal Makan Asyik di Warunk Publik Yogyakarta

Sejumlah menu andalan Warung Publik ialah nasi ayam bakar Sambal Mama, Nasi Boss Publik, dan nasi goreng kambing.
Tim Jelajah Jawa-Bali 2018 | 19 Juni 2018 00:27 WIB
Warunk Publik, salah satu restoran murah meriah di Yogyakarta - Bisnis/Tim Bisnis Indonesia Liputan Lebaran Jelajah Jawa/Bali (LL/JJB) 2018

Bisnis.com, JOGJA — Selain menyandang sebutan sebagai kota budaya dan pelajar, Yogyakarta juga dikenal dengan sejumlah pilihan wisata kulinernya.

Karena banyaknya pelajar yang mendiami daerah istimewa ini, harga makanannya pun cenderung terjangkau. Di samping itu, sejumlah penjaja kuliner juga mendesain warung atau restorannya menjadi tempat yang asyik untuk nongkrong kaum muda.

Tim Bisnis Indonesia Liputan Lebaran Jelajah Jawa-Bali (LL-JJB) 2018 pun tertarik mencoba salah satu restoran murah meriah di Kota Pelajar yang baru hits, yakni Warunk Publik.

Anindya Winisesa, Manajer Warunk Publik Yogyakarta, menyampaikan warung tersebut baru dibuka pada 3 Mei 2018. Hampir 2 bulan beroperasi, animo pasar dari kalangan pelajar dan keluarga terbilang bagus.

"Walaupun baru buka, kami bisa melayani pengunjung sekitar 140—150 orang per hari," tuturnya.

Dia menyebutkan, Warunk Publik disediakan untuk semua kalangan, terutama menengah-bawah. Karena itu, makanan yang dijual dibanderol dengan harga Rp14.000--Rp26.000 per porsi.

Sejumlah menu andalan Warung Publik ialah nasi ayam bakar Sambal Mama, Nasi Boss Publik, dan nasi goreng kambing.

Menu ayam bakar menggunakan rempah-rempah yang dipadukan dengan saus lada hitam, sehingga aroma pedas dan rasanya membangkitkan selera makan. Adapun, Sambal Mama merupakan sambal terasi dengan sejumlah bumbu rempah.

Nasi Boss Publik merupakan campuran butter rice yang dioseng dengan bumbu dan potongan sayur. Nasi tersebut disajikan dengan potongan ayam bersaus asam manis.

Adapun, menu nasi goreng kambing mirip seperti umumnya, tetapi ditambahkan bumbu kari sehingga rasanya cukup khas dan unik.

Saat Tim LL—JJB mencoba tiga menu andalan tersebut, kami merasa puas dengan rasanya. Porsinya pun cukup banyak, khas pilihan anak kos-kosan.

Anindya menambahkan, untuk menggaet pelanggan kaum muda, Warung Publik menyediakan fasilitas free Wi-Fi, sehingga bisa menjadi tempat nongkrong atau mengerjakan tugas.

Untuk menu lain, warung ini menyediakan panganan kecil, seperti berbagai olahan tahu, roti, dan pisang. Warunk Publik juga menawarkan sejumlah minuman unik khas racikan sendiri.

 

Tim Peliput: Finna U. Ulfah, Jaffry Prabu Prakoso, Hafiyyan, Oktaviano DB Hana.

Sumber : tim jelajah

Tag : kuliner
Editor : Demis Rizky Gosta

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top