Sebelum Ajak Anak Berwisata, Baca Ini…

Bisnis.com, JAKARTA Musim liburan seperti saat ini dimanfaatkan orang tua untuk mengajak anak-anak bepergian, salah satunya ke tempat wisata. Namun, ingat! Jangan pernah sekalipun menyepelekan kenyamanan anak sehingga anak bisa berwisata dengan tenang.
Maria Yuliana Benyamin | 14 Juni 2018 13:43 WIB
Ilustrasi - Top10inaction

Bisnis.com, JAKARTA – Musim liburan seperti saat ini dimanfaatkan orang tua untuk mengajak anak-anak bepergian, salah satunya ke tempat wisata. Namun, ingat! Jangan pernah sekalipun menyepelekan kenyamanan anak sehingga anak bisa berwisata dengan tenang. Salah satu hal yang harus dipastikan adalah kenyamanan anak terkait dengan alas kaki yang digunakan.

Anda tentu tidak ingin waktu libur tersebut terganggu karena salah mengenakan alas kaki atau sepatu anak Anda, sehingga kaki sang anak cedera ataupun capek.

Ini tips  agar anak Anda tetap nyaman saat melangkahkan kaki ke mana saja.

 1.    Sesuaikan alas kaki dengan kondisi lokasi wisata Anda

Sebelum bepergian ke tempat wisata, sebaiknya Anda mengecek kondisi dan lokasi tujuan wisata keluarga Anda. Dengan mengetahui persis kondisi lokasi wisata tersebut, Anda dapat menyesuaikan alas kaki baik sandal maupun sepatu yang paling cocok untuk dikenakan. Hal ini bisa mencegah kemungkinan anak Anda tergelincir, lecet kaki, kram, atau trauma otot karena tekstur alas kaki dan sepatu yang tidak cocok dengan kondisi lokasi wisata.

 2.    Pilih kaus kaki yang nyaman

Kaus kaki juga turut menentukan kenyamanan sepatu yang digunakan anak Anda. Pilihlah kaus kaki yang ukurannya pas untuk anak Anda, tidak sesak saat dikenakan dengan sepatu, dan tidak memicu keringat atau gesekan yang berlebihan. Beberapa anak suka dengan kaus kaki dengan motif dan warna tertentu. Anda boleh saja mengikuti selera mereka, tetapi pastikan bahwa pilihan itu merupakan yang paling nyaman dan aman untuk kaki anak Anda.

3.    Bawa cadangan atau alternatif lain

Jika memungkinkan, Anda sebaiknya membawa beberapa cadangan dan alternatif alas kaki anak Anda. Saking seru menikmati berbagai wahana di tempat wisata, alas kaki dan sepatu anak Anda bisa saja basah, berlumpur, atau malah rusak. Alas kaki atau sepatu cadangan bisa menggantikan alas kaki dan sepatu yang basah atau berlumpur tersebut. Kaki anak Anda pun tidak selamanya dalam kondisi basah, sesuatu yang tentu tidak baik untuk kesehatan anak Anda.

4.    Periksa selalu kenyamanan kaki anak Anda

Asyik bermain bisa menyebabkan anak Anda lupa dengan kondisi kakinya sendiri. Anda wajib memeriksa kenyamanan kaki anak Anda agar terhindar dari kelelahan fisik, trauma otot, atau kondisi lain yang tidak diinginkan. Tanyakan selalu kepada anak Anda, apakah masih nyaman atau tidak. Jika memang memungkinkan untuk dicopot, lepaskan alas kaki atau sepatu anak Anda barang sejenak. Bisa juga sarankan anak Anda istirahat sejenak untuk merelaksasi kaki.

 5.    Bawa obat gosok atau plester untuk berjaga-jaga

Anda memang tidak menginginkan terjadi cedera atau luka. Nasihatilah anak Anda untuk selalu berwaspada saat melangkah atau berlari. Namun, Anda harus selalu berjaga-jaga untuk segala kemungkinan. Oleh karena itu, sebaiknya sediakan juga obat oles atau plester. Anda bisa memberikan pertolongan pertama untuk kaki anak Anda jika terjadi trauma atau luka.

 6.    Alternatif terakhir, gunakan kereta dorong

Ini bisa jadi alternatif terakhir, gunakan kereta dorong Jika memang tempat wisata Anda mewajibkan Anda dan keluarga Anda berjalan dari satu tempat ke tempat lain. Anda bisa mencopot alas kaki atau sepatu anak Anda saat itu untuk relaksasi. Kain penutup yang nyaman bisa menjadi alternatif untuk melindungi kaki anak Anda yang terbuka.

Nah, siap bawa anak-anak berwisata?

Tag : traveling
Editor : Maria Yuliana Benyamin

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top