JELAJAH JAWA BALI 2018: Mencicipi Menu Ketupat Khas Bali

Ketupat menjadi menu utama dalam perayaan Lebaran. Apapun hidangan sayurnya, kehadirannya seolah menggantikan peranan nasi sebagai makanan pokok.
Tim Jelajah Jawa-Bali 2018 | 14 Juni 2018 15:26 WIB
tipat cantok (Kiri), tipat plecing (tengah), dan singkong salju - Haffiyan Lindur

Bisnis.com, DENPASAR---Ketupat menjadi menu utama dalam perayaan Lebaran. Apapun hidangan sayurnya, kehadirannya seolah menggantikan peranan nasi sebagai makanan pokok.

Di sejumlah daerah, ketupat juga menjadi makanan khas. Salah satunya Bali, yang memiliki panganan tipat cantok dan tipat plecing.

Tipat cantok merupakan hidangan sayuran rebus dan ketupat yang disiram saus kacang. Sekilas mirip dengan saudaranya dari Jakarta, yakni gado-gado.

Saat Tim Bisnis Indonesia Liputan Lebaran Jelajah Jawa-Bali (LL-JJB) 2018 mencobanya, rasanya juga cukup serupa. Namun, rasa tipat cantok cenderung lebih pedas dan asin dibandingkan gado-gado.

Menu ketupat lain yang kami coba ialah tipat plecing. Komposisi panganan ini ialah kangkung dan tauge rebus, ketupat, dan kuah sambal.

Rasa tipat plecing cenderung pedas dan segar. Kangkung yang direbus setengah matang menambah sensasi renyah saat dikunyah.

Kedua menu tipat khas Bali ini layak Anda coba. Salah satu tempat yang menjual ini ialah restoran Gula Bali di daerah Gianyar.

Bila ingin mencoba menu manis, restoran ini menyediakan dua menu andalan, yakni singkong salju dan ketan durian. Selamat mencoba!

Tim Peliput: Finna U. Ulfah, Jaffry Prabu Prakoso, Hafiyyan, Oktaviano DB Hana.

Tag : Mudik Lebaran 2018
Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top