MUDIK LEBARAN 2018: Sembilan Tips Agar Anak Nyaman Saat Mudik Ala Ketua KPAI

Ketua Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Susanto memberikan tips agar anak merasa nyaman selama mudik atau pulang kampung (pulkam) menjelang lebaran kali ini. Berikut 9 tips yang bisa Anda terapkan untuk anak-anak Anda di sepanjang perjalanan mudik.
Eva Rianti | 12 Juni 2018 06:09 WIB
Pemudik dengan mobil pribadi antre masuk kapal RoRo untuk menyeberangi Selat Sunda di Pelabuhan Merak, Banten, Jumat (23/6). - Antara/Sigid Kurniawan

Bisnis.com, JAKARTA – Ketua Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Susanto memberikan tips agar anak merasa nyaman selama mudik atau pulang kampung (pulkam) menjelang lebaran kali ini. Berikut 9 tips yang bisa Anda terapkan untuk anak-anak Anda di sepanjang perjalanan mudik.

Pertama, pastikan anak disiapkan mainan secukupnya agar nyaman selama dalam perjalanan.

Kedua, pastikan orang tua secara kreatif menceritakan keunggulan atau sejarah khas daerah-daerah yang dilewati saat mudik agar anak mendapatkan khaZanah edukasi.

Ketiga, pastikan anak tidak main gadget secara berlebihan agar tidak menimbulkan dampak negatif termasuk gelisah atau melawan jika dipisahkan dari gadgetnya.

Keempat, pastikan anak mengkonsumsi makanan dan minuman yang sehat serta diberikan vitamin agar kesehatannya tetap terjaga.

Kelima, pastikan anak beristirahat cukup agar tidak kelelahan.

Keenam, jika anak terlihat lelah saat perjalanan, manfaatkanlah rest area untuk istirahat dan mendapatkan suasana baru.

Ketujuh, ajak ngobrol atau tunjukkan pemandangan yang menarik buat anak.

Kedelapan, jika anak mulai terlihat tidak nyaman, alihkan fokus ke hal-hal positif dan menghibur.

Kesembilan, jika anak menangis, hindari memarahi, apalagi mengadili, buat senyaman mungkin.

Itulah 9 tips yang bakal membuat mudik Anda tidak terlalu melelahkan karena tingkah anak-anak Anda, sebab Anda sudah melakukan hal-hal yang menyenangkan bagi mereka. Selamat mudik!

Tag : Mudik Lebaran 2018
Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top