Kim Jong-un Kunjungi Marina Bay Sands dan Gardens by the Bay

Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un mengunjungi tempat-tempat hiburan di Singapura sebelum bertemua dengan Presiden Amerika Serikat Donald Trump, pada Senin (11/6/2018).
Muhammad Ridwan | 12 Juni 2018 17:06 WIB
Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un mengunjungi Hotel Marina Bay Sands di Singapura, 11 Juni 2018. - Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un mengunjungi tempat-tempat hiburan di Singapura sebelum bertemua dengan Presiden Amerika Serikat Donald Trump, pada Senin (11/6/2018).

Kim, diketahui baru tiga kali meninggalkan negaranya sejak mendapatkan kekuasaan saat ayahnya meninggal dunia pada tahun 201.

Sebelum ke Singapura, Kim pernah ke China sebanyak 2 kali, 1 kali ke Korea Selatan, kemudian ke Singapura.

Dengan gagah, Kim berpose dan berswafoto seraya tersenyum dengan pejabat Singapura saat berkeliling kota. Dia berkeliling melihat pemandangan yang indah dan terkenal di Singapura, seperti Gardens by the Bay dan Marina Bay Sands.

Kim bersama rombongan barikadenya bertolak dari St Regis Hotel tempat seluruh delegasinya menginap pada pukul 21.10 waktu Singapura.

Pemberhentian pertamanya adalah Gardens by the Bay, taman yang indah dan menyabet penghargaan tempat wisata taman terbaik dan terbesar di dunia.

Pengunjung Gardens by the Bay tak menduga kehadiran Kim, seperti seorang koki Tiara Rodrigo (20) dan temannya Yoas Corea (19), yang bergabung dengan rombongan media berusaha untuk mengabadikan kehadiran Kim.

“Dia menginap di hotel dekat dengan rumah saya, saya sangat senang bisa bertemu dengannya di sini, di tempat dimana banyak wisatawan berkumpul, semalam sebelum pertemuan penting,” ujar Tiara dalam pernyataan tertulis yang dirilis The Straight Times, Selasa (12/6/2018).

Corea menambahkan,”tidak banyak yang diketahui tentang Korea Utara, dan Anda tidak tidak banyak menemui figur sepertinya, jadi akan sangat menarik untuk melihat dan mengabadikannya.”

Setelah 20 menit di taman, Kim bersam adik perempuannya Kim Yo-jong, Menteri Luar Negeri Singapura Vivian Balakrishnan, dan Menteri Pendidikan Singapura Ong Ye-kung, bertolak menuju Marina Bay Sands (MBS).

Kehadirannya membuat banyak pengunjung yang berada di bar dan restoran di dekat tempat observasi terkejut, tetapi saat mereka menyadari dan mengeluarkan kamera untuk mengabadikannya, pihak keamanan langsung memberitahukan untuk tidak mengambil gambar Kim dan rombongan.

Menurut keterangan yang dikutip dari The Straits Times, pengamanan cukup ketat dilakukan saat Kim berada di rooftop MBS untuk melihat pemandangan, terlihat penjagaan di jembatan Jubilee yang menghadap ke gedung MBS.

Kim meninggalkan MBS bersama dengan barikadenya pada pukul 10.25 waktu Singapura dan sampai kembali ke St Regis pukul 11.20 waktu setempat.

Sumber : Reuters, The Straits Times

Tag : korea utara, Donald Trump
Editor : Nancy Junita

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top