Candi Jabung, Candi Hindu peninggalan kerajaan Majapahit terletak di Desa Jabung, Kecamatan Paiton, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur. (Tim jelajah/Bisnis)
Travel

Jelajah Jawa-Bali 2018: Menikmati Pesona Sunyi Candi Jabung Peninggalan Majapahit

Tim Jelajah Jawa-Bali 2018
Selasa, 12 Juni 2018 - 11:19
Bagikan

Bisnis.com, PROBOLINGGO -- Bila Anda dalam perjalanan dari Probolinggo ke arah Situbondo, Anda dapat berwisata sejenak ke Candi Jabung.

Berdasarkan data informasi di lokasi tersebut, Candi Jabung adalah salah satu Candi Hindu peninggalan kerajaan Majapahit. Candi Hindu ini terletak di Desa Jabung, Kecamatan Paiton, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur.

Pembangunannya dilakukan pada 1354 Masehi. Artinya, saat itu masih dalam kejayaan Kerajaan Majapahit.

Dari jalan utama, akses menuju candi sekitar 300 meter melewati jalan kecil. Namun, setelah mencapai area situs kebudayaan itu, taman yang luas terbentang, dengan Candi Jabung yang gagah berdiri.

Saat Tim Bisnis Indonesia Liputan Lebaran Jelajah Jawa-Bali (LL-JJB) 2018 menyambangi tempat bersejarah itu pada Selasa (12/6/2018), suasana Candi Jabung tampak sepi. Hanya terlihat 2 orang pengunjung lain.

Meski demikian, kondisi taman dan candi terlihat bersih. Ditambah teriknya sinar matahari, rerumputan dan pepohonan jadi tampak mengilap.

Edy Irwan, salah seorang petugas kebersihan Candi Jabung mengungkapkan, saat puasa biasanya pengunjung candi cenderung sepi. "Agak banyak pengunjungnya kalau Lebaran," ujarnya.

Menurutnya, pengunjung yang masuk ke Candi Jabung cukup membayar seikhlasnya. Nantinya pengunjung dapat mengisi buku tamu.

Edy menambahkan, ada 4 petugas kebersihan Candi Jabung, meliputi perawatan taman dan bangunan candi. Biasanya, candi dibersihkan dari lumut.

 

Tim Peliput: Finna U. Ulfah, Jaffry Prabu Prakoso, Hafiyyan, Oktaviano DB Hana.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Fajar Sidik
Sumber : Tim Jelajah
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro