Foto kopi yang siap disajikan/ Bisnis.com
Kuliner

Membuat Kopi Tubruk Ala Barista Doddy Samsura

Eva Rianti
Selasa, 12 Juni 2018 - 06:20
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Doddy Samsura, seorang coffee enthusiast yang memiliki banyak pengalaman di industri kopi memiliki resep tersendiri dalam membuat kopi tubruk.  

Dalam bukunya berjudul “Ngopi Yuk”, barista yang telah meraih penghargaan di tingkat nasional maupun internasional ini mengatakan bahwa metode kopi tubruk merupakan favoritnya lantaran mudah dan bisa menghasilkan seduhan optimal untuk setiap kopi yang diseduh.

Bahan yang dibutuhkan cukup dengan 10 gram kopi (arabika atau robusta) dan 150 ml air 900 celcius. Sementara alat-alat yang dibutuhkan berupa grinder manual atau elektrik, timbangan digital, ketel listrik, dan gelas saji ukuran kurang lebih 210 ml.

Cara pembuatannya, berawal dari memanaskan air menggunakan ketel listrik hingga mendidih, lalu dimatikan. Tunggu selama 1 menit sehingga suhunya berkisar antara 90—950 celcius.

Sembari menunggu, giling kopi sebanyak 10 gram menggunakan grinder. Atur tingkat kekerasan kopi pada tingkat kasar (coarse).

Lalu, tuangkan air panas ke gelas untuk memanaskan gelas dan menghindari turunnya suhu di gelas secara drastis. Buang air dalam gelas dan tuangkan kopi yang sudah digiling ke gelas berukuran 210 ml.

Nol-kan timbangan dan tuang air sebanyak 60 ml secara perlahan ke gelas bersamaan dengan memulai menyalakan timer. Anda perlu memastikan semua bubuk kopi terendam air supaya proses pre-infusi bisa terjadi dengan baik.

Tunggu selama 20—30 detik, biarkan kopi mengembang. Kemudian, tunggu selama 4 menit untuk memberi waktu kopi melepaskan gas dan berekstraksi optimal sehingga semua rasa dan potensi dari kopi yang diseduh dapat keluar.

Setelah 4 menit, sisihkan bubuk kopi yang mengambang di permukaan sambil menikmati aroma kopi tersebut. Bubuk kopi yang mengambang bisa dibuang jika diinginkan. Kopi siap disajikan. Anda bisa langsung mempraktikkannya di rumah. 

Doddy merekomendasikan bagi para pemula, sebaiknya mencoba menikmati kopi tanpa menambahkan bahan lain demi mendapatkan cita rasa kopi yang sebenarnya. Namun, jika belum mampu menikmati kopi secara “apa adanya”, kurangi porsi gula sedikit demi sedikit hingga akhirnya bisa menikmati secangkir kopi tanpa menambahkan gula.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Eva Rianti
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro