Mudik Lebaran 2018: Cari Tempat Wisata Instagramable di Yogyakarta?

Puncak arus mudik Lebaran 2018 sudah mulai. Para perantau yang bekerja, khususnya di Jakarta pulang ke kampung halaman untuk merayakan Idulfitri bersama keluarga tercinta.
Stefanus Arief Setiaji | 10 Juni 2018 18:03 WIB
Loading the player ...
Taman Sari Yogyakarta bisa menjadi salah satu pilihan untuk berwisata di Yogyakarta dalam momen libur Lebaran 2018

Bisnis.com, JAKARTA — Puncak arus mudik Lebaran 2018 sudah mulai. Para perantau yang bekerja, khususnya di Jakarta pulang ke kampung halaman untuk merayakan Idulfitri bersama keluarga tercinta.

Selepas merayakan hari raya, biasanya mereka berkumpul dan berwisata ke sejumlah tempat yang menarik. Tempat-tempat wisata saat Lebaran bakal panen pengunjung.

Nah, bagi Anda yang kebetulan tengah mudik ke wilayah Yogyakarta dan sekitarnya, mana saja sih tempat yang asyik untuk bisa meluangkan waktu bersama keluarga?

Sindu Kusuma Edupark

Foto: Stefanus Arief Setiaji

Sindu Kusuma Edupark (SKE) berlokasi di wilayah Jambon. Tepatnya di Jl. Magelang KM 2, Sinduadi, Mlati, Yogyakarta. Kawasan wisata ini berdiri di atas lahan seluas kurang lebih 7 hektare.

Salah satu ikon tempat wisata ini adalah ferris wheel alias komidi putar Cakra Manggilingan. Konon, Cakra Manggilingan ini termasuk komidi putar tertinggi di Indonesia. Bahkan, disebut sebagai salah satu yang tertinggi di Asia.

Ada beberapa wahana hiburan di lokasi ini, seperti kolam renang, arena untuk flying fox, rumah hantu, bumper car, sepeda layang, dan lainnya.

Kawasan ini mulai buka pada pukul 10.00 Wib hingga pukul 22.00 Wib. Jika Anda berkunjung malam hari, ada wahana cahaya lampu yang pas untuk Anda pemburu foto. Sindu Kusuma Edupark cukup Instrgamable.

Landmark Merapi Park

Foto: Stefanus Arief Setiaji

Mencari ikon sejumlah negara di dunia, hanya dalam satu kawasan? Kawasan Landmark Merapi Park adalah jawabannya. Tempat wisata ini memiliki pandangan yang cukup eksotis karena bisa langsung mengamati puncak Gunung Merapi. Saat langit terbuka, keagungan Gunung Merapi terlihat nyata.

Jika Anda dari Kota Jogja, cukup mengarahkan kendaraan ke kawasan Kaliurang. Sebelum pintu masuk kawasan wisata Kaliurang, perhatikan penanda yang mengarahkan Anda ke kawasan museum Merapi. Kawasan Landmark Merapi Park ini tidak jauh dari Museum Merapi.

Di landmark ini, Anda bisa berfoto dengan mengambil latar beberapa ikon kota di sejumlah negara, seperti Menara Pisa (Pisa, Italia), Big Ben (London, Inggris), Patung Liberty (New York, AS), dan lainnya.

Bagi anak-anak yang ingin berenang, tempat ini juga menyediakan wahana berenang. Tiket masuknya pun tergolong cukup ringan di kantong.

Pantai Nglambor

Foto: Stefanus Arief Setiaji

Yogyakarta juga cukup dikenal memiliki deretan pantai yang eksotis. Jika Anda sudah terlalu sering menyambangi Parangtritis, boleh sekali-kali menikmati cantiknya Pantai Nglambor. Jalur menuju Pantai Nglambor ini satu jurusan dengan gugusan Pantai Kukup, Krakal, dan Baron.

Hanya saja, menuju Pantai Nglambor ini masih lebih dalam lagi. Dari Kota Jogja, waktu perjalanan menuju Pantai Nglambor lebih kurang 1 jam. Disarankan bagi Anda yang ingin ke lokasi ini, berangkat saat pagi sehingga bisa menikmati suasana pantai lebih lama.

Di Pantai Nglambor, Anda bisa menjajal snorkeling. Jangan khawatir, warga sekitar banyak menawarkan alat-alat untuk melihat dasar laut yang cantik.

Anda juga bisa menjajal nyali dengan menyeberangi jembatan yang menghubungkan satu karang dengan karang lainnya.  

Kawasan Hutan Pinus Mangunan

Foto: Stefanus Arief Setiaji

Hutan pinus Mangunan menjadi salah satu ikon baru wisata buatan yang paling banyak dikunjungi saat ini. Dari Kota Jogja, butuh waktu perjalanan sekitar 45 menit menuju kawasan wisata Mangunan ini.

Di tempat ini, ada beberapa lokasi ikonik yang punya daya tarik. Kebun buah Mangunan, misalnya. Dari tempat ini, Anda bisa melihat panorama yang cantik. Selain kebun buah, ada juga kawasan Songgo Langit. Orang lebih banyak menyebut dengan nama Rumah Hobbit.

Di tempat ini, Anda bisa melihat ornamen rumah-rumah kayu buatan manusia di tengah hutan pinus yang rindang. Untuk bisa masuk kawasan ini pun tak butuh modal banyak. Saat hari biasa, tiket masuk ke kawasan Rumah Hobbit hanya Rp2.000 per orang.

Tempat lain yang juga bisa menjadi pilihan adalah Taman Sari Yogyakarta. Dengan harga tiket Rp5.000 per orang, pengunjung bisa wisata sejarah dan puas berfoto di lokasinya yang unik.  

Tag : pariwisata, mudik lebaran
Editor : Stefanus Arief Setiaji

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top