WISATA SYDNEY: Mencari yang Segar-Segar di Carriageworks Farmers Market

Jika tengah berkunjung ke luar negeri, farmers market atau pasar khusus para petani memiliki daya tarik tersendiri untuk dijelajahi. Anda bisa menjajal produk-produk segar yang dihasilkan oleh tangan-tangan para petani ataupun produk turunan lainnya yang dibuat dari bahan-bahan segar
Maria Yuliana Benyamin | 05 Juni 2018 06:52 WIB
Farmer market di Sydney. - .Bisnis/Maria Y. Benyamin

Bisnis.com, SYDNEY– Jika tengah berkunjung ke luar negeri, farmers market atau pasar khusus para petani memiliki daya tarik tersendiri untuk dijelajahi. Anda bisa menjajal produk-produk segar yang dihasilkan oleh tangan-tangan para petani ataupun produk turunan lainnya yang dibuat dari bahan-bahan segar. 

Di Sydney, New South Wales, Anda bisa berkunjung ke Carriageworks Farmers Market yang terletak di 243 Wilson Street, dekat dengan Redfern Station.

Farmer market di Sydney./.Bisnis-Maria Y. Benyamin

 

Carriageworks sesungguhnya adalah salah satu situs warisan di Sydney. Di area itulah, terdapat Eveleigh Market, pasar para petani yang dibuka setiap Sabtu mulai dari pukul 08.00 hingga pukul 13.00. Namun, tempat tersebut lebih dikenal dengan Carriageworks Farmers Market.

Setiap minggu, lebih dari 70 petani atau produsen makanan dari berbagai sudut Kota Sydney ataupun dari berbagai wilayah di Australia akan berdatangan dengan truk-truk yang berisikan produk-produk segar sesuai dengan musimnya ataupun makanan-makanan rumahan yang dibuat ataupun dikembangkan .

Bisnis berkesempatan mengunjungi salah satu farmers market di Sydney tersebut pada Sabtu (2/6/2018) atas undangan Destination New South Wales (NSW) dan Singapore Airlines.

Destination NSW adalah lembaga Pemerintah NSW yang salah satu tugasnya adalah mempromosikan sektor pariwisata NSW. Adapun, Singapore Airlines adalah maskapai asal Negeri Singa yang menerbangi sejumlah destinasi, termasuk Sydney.

Berdasarkan pantauan Bisnis, ada banyak produk segar yang dijual di tempat ini, mulai dari sayur-sayuran, bunga, hingga makanan. Makanan yang dijual tidak hanya makanan penduduk setempat, tetapi juga dari luar Australia.

Jika Anda beruntung, Anda juga bisa menyaksikan demo masak oleh chef ternama di tempat tersebut. Ketika kami berkunjung, sedang ada demo masak oleh Chef O Tama Carey (Lankan Filling Station).

Bagi masyarakat setempat, farmers market memiliki daya tarik tersendiri untuk dikunjungi karena mereka bisa mendapatkan produk segar dan sehat. Adapun, produk yang dijual di sini tidak sembarang produk. Sebelum berjualan, produk tersebut dikurasi terlebih dahulu, apakah memenuhi syarat atau tidak.

Di sisi lain, bagi para petani ataupun produsen makanan, berdagang atau berjualan di farmers market membawa keuntungan tersendiri. Produk mereka pun menjadi lebih dikenal.
Shinji dan Chiho termasuk di antara para pedagang yang berjualan di Carriageworks Farmers Market. Shinji merupakan owner dari bisnis bumbu miso. Sehari-hari, Shinji dibantu oleh Chiho. Keduanya adalah chef.

Shinji (kanan) dan Chiho./.Bisnis-Maria Y. Benyamin

 

Menurut Chiho, miso termasuk makanan yang digemari oleh masyarakat setempat. Namun, tidak semua orang mau repot-repot memasak makanan tersebut di dapur sendiri karena proses pembuatan miso termasuk cukup sulit dan memakan waktu yang lama.

Menyadari kondisi ini, Shinji berupaya menghadirkan produk yang bisa memudahkan masyarakat setempat menyajikan miso dari dapur sendiri. Cukup dengan menambahkan bumbu tersebut dengan air panas, ditambah bahan-bahan segar lainnya, jadilah semangkuk miso yang lezat dari dapur sendiri. 

Bisnis ini telah ditekuni oleh Shinji sejak 2 tahun terakhir. Namun, produk tersebut baru mulai dipasarkan di farmers market dalam 9 bulan terakhir.

“Yang lama itu karena proses fermentasinya. Shinji juga melakukan uji coba selama waktu yang cukup panjang untuk menemukan rasa yang paling tepat,” tutur Chiho.

Chiho mengatakan 100—120 botol terjual setiap minggunya di pasar tersebut. Adapun, harga jual dipatok sebesar AUD$12 untuk gelas kecil dan AUD$50 untuk gelas besar.

“Jumlah yang dijual memang sedikit karena produksi kami juga tidak banyak untuk menjamin cita rasa.”

Jessi, salah satu pembeli bumbu miso mengaku sangat menggemari miso, sehingga kerap membeli produk tersebut dari Shinji dan Chiho. Salah satu alasan yang membuat dia tertarik pada bumbu miso tersebut adalah kualitas bahan bakunya yang sangat segar. “Saya sangat suka miso,” tutur perempuan asal Sydney tersebut.

Tag : australia
Editor : Linda Teti Silitonga

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top